Warga Lebak Selatan Pertanyakan Realisasi Pembebasan Lahan Tol

Kantor BPN Kabupaten Lebak, Jalan Jendral Sudirman Kilometer 5, Narimbang Mulia, Rangkasbitung, Lebak (Foto:Istimewa).

LEBAK – Warga Desa Kumpay, Kecamatan Banjarsari, Lebak, mempertanyakan realisasi pembebasan lahan tol Serang-Panimbang yang dinilai tidak ada kejelasan dari pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lebak.

Bahrudin, salah satu warga Desa Kumpay, mengatakan pihak BPN selalu bungkam terkait progres pelaksanaan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Serang-Panimbang. Padahal informasi tersebut sangat dibutuhkan warga, terutama oleh pemilik lahan yang terkena gusuran proyek tol.

“Pengukuran lahan untuk tol sudah selesai dan warga sudah setuju untuk dibebaskan. Tapi saat ditanya terkait progres kapan mau dibebaskan orang BPN selalu bungkam, jawabannya selalu tidak tahu,” ujarnya, Senin (29/1).

Bahrudin mengatakan, dirinya selaku pemilik lahan seharusnya mendapatkan informasi yang jelas terkait harga dan kapan waktu pembayaran ganti rugi. Soalnya secara proses administrasi semuanya sudah beres.

“Mau nunggu apa lagi, setahu saya bapak Presiden Jokowi menargetkan selesai di akhir 2017 dan 2018 mulai membangun tapi nyatanya untuk pembebasan saja belum jelas. Jika tak ada kejelasan maka ratusan warga pemilik lahan akan bersepakat menolak dibebaskan oleh pihak BPN Lebak, kami minta BPN Pusat turun langsung kelapangan,” katanya.

Sementara itu, Asda I Pemkab Lebak, Alkadri mengaku, dirinya tidak memiliki kewenangan memberikan penjelasan terkait progres pembebasan lahan tol.

“Untuk lebih jelas bisa langsung di tanyakan kepada kepala BPN, karena saya hanya sebagai anggota sedangkan ketua tim pembebasan itu Kepala BPN Lebak,” ujarnya.

Alkadri menjelaskan, dirinya sudah berkomunikasi dengan kepala BPN dan menyepakati soal publikasi progres jalan tol akan dijelaskan oleh kepala BPN.

“Kalau saya kan anggota jadi tidak tahu secara detail. Tahunya sampai saat ini baru tiga desa, satu desa diantaranya di Cibadak sudah masuki mau pembayaran untuk lainnya silakan langsung kepada kepala BPN,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala kantor Pertanahan Kabupaten Lebak, Afnansyah saat dihubungi lewat ponselnya, mengaku sedang rapat dan mengalihkan kepada Kasinya.

“Terkait progres jalan tol silakan tanyakan ke Kasi saya, pak Eka (Kasi Pengadaan Tanah pada BPN Lebak, Eka Raharja-red ),” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pengadaan Tanah pada BPN Lebak, Eka Raharja tidak dapat ditemui.

“Pak Eka sedang rapat dan setelah jam istirahat akan kembali mengikuti rapat, jadi tak bisa ditemui,” ungkap Yahya Petugas Keamanan BPN Lebak. (Alvin).