Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Lebak Rekrut Relawan Demokrasi

Komisioner KPU Banten sedang melaksankan tes wawancara rekrutmen relawan demokrasi di salah satu ruangan di kantor KPU Lebak. (Foto/Deni).

LEBAK, – Dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang, Komisi Pemiliham Umum (KPU) Kabupaten Lebak melaksanakan rekrutmen relawan demokrasi. Rekrutmen ini diikuti sebanyak 85 peserta yang berasal dari sepuluh basis komunitas.

“Relawan tersebut melibatkan peran serta masyarakat seluas-luasnya dan akan ditempatkan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitasnya,” kata Ketua KPU Provinsi Banten Wahyul Furqon disela-sela tes wawancara rekrutmen relawan demokrasi di kantor KPU Lebak, Kamis (17/1/2019).

Wahyul mengatakan, segmentasi relawan demokrasi ini terdiri dari basis pemilih perempuan, pemilih pemula, komunitas, marginal, pemilih keluarga, pemilih disabilitas, netizen, keagamaan dan basis pemilih muda.

Ia menjelaskan, dari 85 peserta yang mengikuti tes wawancara, hanya 50 peserta yang akan direkrut dan menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat.

“Masa kerja relawan demokrasi ini selama tiga bulan. Relawan ini aktif bersosialisasi untuk menjangkau basis komunitasnya, sehingga informasi tentang pemilu ini bisa diterima secara luas,” terangnya.

Pihaknya berharap, peran serta relawan ini mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu mendatang.

Sementara itu, salah seorang peserta rekrutmen relawan demokrasi, Yanti Suharyanti sangat tertarik mengikuti rekrutmen relawan demokrasi ini dan memilih basis komunitas pemilih pemula.

Ia berharap bisa lolos dalam seleksi tersebut dan bisa menjadi bagian pelopor demokrasi dalam menyebarkan informasi tentang pemilu kepada masyarakat luas.

“Ya, mudah-mudahan saja saya bisa lolos seleksi. Sehingga saya bisa menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat,” harapnya. (Deni).