Tiga Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Legon Pari Sawarna

Balawista Lebak sedang mengevakuasi korban yang terseret ombak di pantai Sawarna. (Foto/Dok).

LEBAK,- Tiga orang wisatawan asal Cibinong, Bogor, terseret ombak di Pantai Legon Pari Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, pada Selasa (13/11/2018). Ketiga wisatawan berhasil diselamatkan balawista (lifeguard) dan sekarang sedang mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Bayah.

Ketua Balawista Lebak Erwin Komara Sukma menyatakan, wisatawan yang terseret ombak pantai di Lebak Selatan, yaitu Yoga (18), Risfandi (17), dan Mayang (17). Mereka datang bersama rombongan untuk menikmati wisata pantai di Sawarna. Pada Selasa siang, ketiganya berenang di pantai dan terseret ombak.

“Anggota balawista yang ada di lokasi langsung melakukan upaya penyelamatan. Dengan dibantu dua orang nelayan, tiga wisatawan yang terseret ombak dapat diselamatkan dan langsung dibawa ke puskesmas,” kata Erwin kepada Orbit Banten.

Mantan Kepala Desa Sawarna ini menginformasikan, setelah mendapatkan perawatan medis dari tim medis Puskesmas setempat, kondisi korban sudah mulai membaik. Untuk itu, dia mengimbau kepada wisatawan untuk lebih waspada dan hati-hati saat berenang di Pantai Sawarna. Para pengunjung yang berenang di pantai harus mematuhi imbauan yang diberikan balawista.

“Anggota balawista stand by di pantai untuk mengawasi para wisatawan yang menikmati liburan di pantai Sawarna. Harapannya, ke depan enggak terjadi lagi kecelakaan laut di wilayah ini,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Erwin memuji kesigapan anggota balawista yang langsung menolong wisatawan yang terseret ombak. Ke depan, pihaknya akan meningkatkan kemampuan anggota balawista dalam menyelamatkan korban tenggelam di wisata air.

“Kita rutin melakukan pembinaan untuk meningkatkan kualitas anggota balawista di Lebak,” paparnya.(Deni).