Pokja Wartawan Harian Salurkan Bantuan RTLH Dari Baznas Lebak

Pengurus Pokja wartawan harian dan elektronik Lebak menyerahkan bantuan uang tunai kepada keluarga Samlawi di Rangkasbitung. (Foto/Deni).

LEBAK – Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Kabupaten Lebak menyalurkan bantuan bedah rumah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada warga tidak mampu di Cicenang, Desa Pasirkupa, Kecamatan Kalanganyar. Bantuan Rp5 juta tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh Samlawi, sehingga rumahnya yang nyaris ambruk dapat dibangun kembali.

Ketua Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Kabupaten Lebak Mastur Huda menyatakan, rumah Samlawi kondisinya cukup memprihatinkan. Rumah tidak layak huni (RTLH) tersebut hanya terbuat dari bilik bambu dan material kayu yang telah rapuh. Untuk itu, rumah Samlawi yang mengidap penyakit jantung itu tidak ditempati kembali.

Baca juga :Pokja Wartawan Lebak Sambangi Rumah yang Nyaris Ambruk di Kalanganyar

“Kami prihatin dengan kondisi rumah Samlawi. Karena itu, kami inisiatif membantu keluarga kurang mampu ini untuk mendapatkan bantuan bedah rumah. Alhamdulilah, Baznas Lebak mau membantu,” kata Mastur Huda kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).

Bantuan dari Baznas Lebak diserahkan kepada adik kandung Samlawi Zaenal Mutaqin. Rencananya, uang tersebut akan digunakan untuk membeli material bangunan, sedangkan perbaikan rumah Samlawi akan dilakukan secara swadaya.

“Keluarga dan masyarakat sepakat untuk membangun kembali rumah Samlawi,” ujarnya.

Ketua Baznas Lebak Eri Rahmat menyatakan, Baznas Lebak komitmen dalam mengelola dana umat dengan transparan. Pemasukan dan pengeluaran dana yang dihimpun Baznas Lebak dicatat dengan baik. Bulan ini Baznas menyalurkan dana untuk bedah rumah dan bantuan lainnya kurang lebih Rp 89 juta.

“Bantuan untuk bedah rumah biasanya Rp 10 juta, namun sekarang menurun menjadi Rp 5 juta, karena penerimaan Baznas mengalami penurunan di 2019,” tukasnya.(*/Deni).