Pendidikan Gratis Tingkatkan Animo Masyarakat Masuk SMA

 
LEBAK – Program pendidikan gratis yang dicanangkan Gubernur Wahidin Halim berdampak positif terhadap masyarakat Banten, khususnya yang berada di Kabupaten Lebak. Masyarakat berbondong-bondong menyekolahkan anaknya ke SMA sederajat yang ada di masing-masing kecamatan.

Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten Wilayah Lebak Sirojudin Alfarisy menyatakan, masyarakat antusias mendaftarkan anak-anaknya pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019. Walaupun, tahun ini pemerintah memberlakukan sistem zonasi, sehingga masyarakat yang lokasinya jauh dari sekolah banyak yang tidak diterima di sekolah negeri. Namun, dengan kebijakan Gubernur Banten maka anak-anak berprestasi dari keluarga tidak mampu tetap bisa sekolah.

“Antusiasme masyarakat masuk SMA sederajat enggak hanya karena kebijakan pemerintah memberlakukan sistem zonasi. Tapi juga akibat kebijakan Gubernur Wahidin Halim tentang pendidikan gratis hingga SMA,” kata Sirojudin kepada wartawan, Kamis (4/7).

Untuk persoalan SMAN 1 Cibadak yang mendapat protes dari orangtua calon siswa yang tidak diterima di sekolah tersebut telah diselesaikan. Pihak sekolah telah menambah rombel untuk mengakomodir siswa yang awalnya tidak diterima di SMAN 1 Cibadak. Apa yang dilakukan orangtua siswa 

mempertegas bahwa antusias masyarakat Banten terhadap pendidikan GRATIS yg dicanangkan GUBERNUR Banten tidak bisa terbendung.

“Kebijakan Gubernur merupakan amanat Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945, yaitu Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan,” ungkapnya.(Omat)