Panwascam Sajira Lantik Panwaslu Desa (PD)

Ketua Panwascam Sajira Jajang Nurjaman lantik 15 anggota pengawas desa (PD) di aula ponpes terpadu Al Mubasyirin Kecamatan Sajira, Senin 15/01, (Foto/Dok. Panwascam).

SAJIRA – Sejumlah anggota panitia pengawas pemilu tingkat Desa (PD) resmi dilantik Panwascam dalam rangka menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Lebak tahun 2018, di aula pondok pesantren terpadu Al Mubasyirin Kecamatan Sajira, Senin (15/01).

Ketua panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) Sajira Jajang Nurjaman menjelaskan, sebanyak 15 anggota pengawas desa (PD) yang dilantik merupakan peserta yang lulus proses seleksi Panwascam beberapa waktu lalu.

Jajang berharap PD yang baru saja dilantik dapat bekerja dengan secara profesional dan menjaga integritas sebagai penyelenggara.

“PD merupakan ujung tombak pengawasan, untuk itu mereka harus melaksanakan tugas dengan baik dan tidak mudah diintervensi oleh pihak manapun,” ujar Jajang kepada Orbit Banten, Senin (15/01).

Lebih lanjut Jajang mengatakan, pasca dilantik PD tersebut akan langsung bekerja mengawasi tahapan Pilkada yang akan berlangsung dalam waktu dekat, yakni tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Sebelum melekakukan pengawasan, PD ini akan mendapatkan bimbingan teknis dari komisioner Panwas Kabupaten terkait kerja-kerja pengawasan,” bebernya.

Ditambahkan, ketua bidabg pencegahan dan hubungan antar lembaga (PHL) Pawascam Sajira Arif mengatakan, pengawas desa harus bisa menanamkan jiwa kepengawasan dalam dirinya serta menjaga netralitas dan sinergitas demi terciptanya pemilu yang berkualitas.

“PD yang barusaja dilantik harus bisa menjaga netralitas dalam kerja pengawasan. Jangan sampai ada penyelenggara yang berapiliasi dengan parpol atau calon. Saya tegaskan lagi, semua pengawas harus menjaga integritas dan netralitas,” tandasnya. (Deni).