Orientasi Lapangan, Belasan CPNS Geledah Rutan Rangkasbitung

Para CPNS melakukan penggeledahan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan di Rutan Rangkasbitung. (Foto:Istimewa).

LEBAK – Sebanyak 13 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melakukan orientasi lapangan dengan menggelar Aksi Simpatik Penggledahan terhadap 190 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Rangkasbitung, Kamis (8/2).

Penggledahan juga dilakukan terhadap kamar hunian dan barang-barang milik WBP. Dalam kegiatan tersebut para CPNS didampingi langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR), Adi Santo, Ketua Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban Rutan Rangkasbitung, Panji Alit dan staf Pendamping CPNS Rutan Rangkasbitung. adapun hasilnya, tidak satupun barang terlarang yang ditemukan.

Saat dihubungi, Ka.KPR, Adi Santo mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari orientasi lapangan bagi pada CPNS yang ditugaskan di Rutan Rangkasbitung.

“Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bagian dari orientasi lapangan para CPNS yang mendapat tugas di Rutan Rangkasbitung, mereka dibekali teori kemudian lngsung praktek, jadi biar tau impelementasinya” ujarnya saat dihubungi via telepon.

Lebih lanjut, Adi mengatakan kegiatan Sidak ini merupakan agenda rutin, walapun pelaksananya ia katakan insidentil.

“Sidak ini sudah sering kita gelar, bisa kapan saja, bisa malam, pagi siang atau sore, targetnya pun beragam, kita laksanakan usai laporan para intelegen anggota satgas terkait situasi yang ada di lingkungan Rutan utamanya penghuni Rutan. Kami antisipasi adanya masuk barang terlarang, semisal handphone, narkoba dan barang terlarang lainnya, jika kedapatan pelanggaran kita tindak tegas,” tambah Adi.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Ketua Satgas, Panji Alit Minggustian, menurutnya langkah ini dilakukan guna memastikan lingkungan Rutan tetap aman dan kondusif serta bebas dari barang yang dilarang masuk pada zona steril.

“Kita perlu adakan kegiatan seperti ini, agar lingkungan kondusif, sekaligus ini bisa menjadi contoh dan bekal bagi CPNS, bagaimana dan tindak lanjutnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban, agar nantinya mereka dalam bertugas bisa melaksanaknya dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu CPNS, Faisal mengatakan, Ia dan rekan-rekanya merasa sangat senang dan termotivasi saat langsung mendapat instruksi melaksnakan kegiatan sidak tersebut.

“Ini kali pertama saya sidak, kami sudah dapatkan teorinya dan prakteknya juga kami rasakan. Alhamdulillah tadi hasilnya disini (Rutan Rangkasbitung,-red) tidak ada barang-barang yang dilarang seperti hp, narkoba dan barang terlarang lainnya. Semoga setelah kegiatan tadi, kami semakin bersemangat dan bertambah percaya diri dalam bertugas nantinya,” tandasnya. (Alvin).