Museum Multatuli Resmi Dibuka Untuk Umum

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya tanda tangani prasasti menandai diresmikanya Museum Multatuli, Minggu 11/2, (Foto/Alvin).

LEBAK – Museum Multatuli resmi dibuka untuk umum setelah Gedung Museum Multatuli diresmikan oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya di Jalan Alun-alun Timur Nomor 8, Rangkasbitung, Minggu (11/2).

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan, Museum Multatuli ini kedepan jangan hanya sekedar untuk pajangan foto saja, namun harus diterapkan edukasi kepada generasi muda di Lebak, serta menjadi tempat memahami sejarah Lebak bagi masyarakat.

“Generasi muda kita harus tahu, seperti apa sejarah Lebak yang sebenarnya. Museum Multatuli ditempatkan satu komplek dengan Perpustakaan Saija Adinda agar memudahkan masyarakat untuk menggali sejarah Kabupaten Lebak,” ujar Iti Octavia Jayabaya kepada awak media.

Lebih lanjut, Iti mengatakan dibangunnya Museum Multatuli direncanakan sebagai destinasi baru bagi wisatawan yang datang ke Lebak.

“Lebak ini tidak seperti daerah lain yang bisa memanfaatkan sektor industri, Lebak adalah daerah konservasi. Maka dengan di bangunnya Museum Multatuli ini, diharapkan dapat menjadi destinasi terbaru bagi wisatawan yang mengunjungi Lebak,” tuturnya.

Iti menegaskan, Museum Multatuli ini menjadi kebanggan warga Lebak. Sehingga keberadaanya dapat digunakan oleh semua pihak untuk kegiatan-kegiatan edukasi dan bahan literasi untuk penelitian ilmiah.

“Tentunya Museum ini dapat digunakan oleh semua orang, dan yang pasti harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pengelola museum,” pungkasnya. (Alvin).