KPU Lebak Ingatkan PPDP Bekerja Sesuai Aturan

LEBAK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak mengingatkan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) bekerja sesuai dengan aturan. Dalam pencocokan dan penelitian (Coklit) PPDP harus mendatangi rumah pemilih, bukan hanya bekerja di belakang meja.

“PPDP harus melakukan pendataan dari rumah ke rumah (door to door). Selain alat kerja PPDP berupa Model A.A 1 KWK harus diserahkan kepada pemilih, PPDP juga harus menempelkan stiker pencoklitan sebagai bukti bahwa pemilih tersebut sudah didata,” kata Komisioner KPU Lebak Apipi kepada Orbit Banten, Kamis (25/01).

Menurut Apipi, salah satu penyebab kenapa data pemilih itu tidak akurat adalah kinerja PPDP yang tidak efektif, karena bekerja di belakang meja.

Baca juga :
Besok, KPU Gelar Coklit Serentak

Pihaknya, tidak ingin ada PPDP yang menyuruh anaknya untuk mengecek warga pemilih. Atau, lantaran merasa sudah hapal dengan data warga pemilih, lantas melakukan coklit hanya berdasarkan perkiraan.

“Karena itu, kami ingatkan kepada seluruh PPDP, mereka harus bekerja sungguh-sungguh mendatangi rumah ke rumah setiap warga dan melaksanakan prosedur ini dengan benar,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sesuai tahapan, kegiatan coklit digelar serentak sejak tanggal 20 Januari – 18 Februari. Sebanyak 1.987 PPDP di Lebak pun diterjunkan untuk mendata pemilih di wilayah kerjanya masing-masing.

Mereka melakukan pendataan terhadap 1.380.968 pemilih sesuai Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pikada Lebak tahun 2018. DP4 terdiri dari 468.669 Laki-laki dan 912.299 perempuan.

“Hasil coklit PPDP akan dilaporkan secara periodik dan berjenjang. PPDP melaporkan kepada PPS. PPS ke PPK, baru kemudian PPK melaporkan ke KPU,” bebernya.

Disinggung soal PPDP yang tidak melakukan coklit sesuai aturan, Apipi menegaskan, dalam proses coklit tidak boleh ada “joki” PPDP.

“Kita akan pecat PPDP yang memakai joki. Karena hasil coklit saat ini akan digunakan untuk Pemilu 2019 mendatang. Untuk itu, PPDP harus bekerja sungguh-sungguh mendatangi rumah ke rumah setiap warga dan melaksanakan prosedur ini dengan teliti dan benar,” tandasnya. (Deni).