Korem 064/MY Banten Gelar Konsos Cegah Tangkal Radikalisme

ORBITBANTEN,- Pesatnya teknologi informasi digital sekarang ini, memungkinkan tumbuh kembangnya faham radikalisme dan sparatisme. Untuk itu, guna mencegah tumbuh kembangnya faham tersebut Korem 064/YM Banten menggelar komunikasi sosial (Komsos) cegah tangkal radikalisme/sparatisme smester II tahun 2021 bertempat di aula Ponpes Daar El Istiqomah, Jl. Penancangan Kesawon No.4, Sukawana, Kec. Serang, Kota Serang, Banten, Senin (27/09/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Letkol Inf Saut Batara M.R., S.Sos., M.M (Kasiter Kasrem 064/MY), Mayor Arm Kasudiono (Pasi Binwanwil Rem 064/MY), Kapten Inf Hj. A. Yani (Kabintal Rem 064/MY), Drs. KH. Sulaeman Ma’ruf ( Pimpinan Ponpes Daar El – Istiqomah), Ir. Imam Mahdi ( Humas Daar El – Istiqomah), H. Kholid Ma’mun.,MA (Wakil Direktur KMI Daar El – Istiqomah) serta puluhan pelajar dan mahasiswa Daar El Istiqomah.

Dalam sambutannya Danrem 064/YM yang dibacakan oleh Kasiter Kasrem 064/YM, Letkol Inf Saut Batara M.R,.S.Sos.MM menyampaikan bahwa radikalisme dan separatisme merupakan persoalan serius dan menjadi ancaman yang potensial bagi kondusifitas dan stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memutus mata rantai dari sel-sel jaringan radikalisme dan deradikalisasi yang dapat membahayakan keutuhan bangsa Indonesia.

“Hal ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau aparat pemerintah saja namun juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa,” katanya.

Menurutnya, kontra radikal sangat diperlukan kerja sama antara masyarakat dan aparat untuk membendung pengaruh radikal yang dapat berujung tindakan anarkis serta aksi-aksi terorisme.

“Maka kita sebagai prajurit selaku pembina kewilayahan, harus mampu berkoordinasi serta bekerja sama dengan semua komponen masyarakat dalam upaya kontra radikalisasi dan deradikalisasi,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, selain diisi mater wawasan kebangsaan dan keagamaan, juga diisi kegiatan kewirausahaan budidaya lebah madu klenceng yang disampaikan oleh Peltu Karna Deni Sopandi, Ba Intel Dim 0603/Lebak.

Tujuanya, untuk memberikan wawasan serta mendorong minat peserta untuk belajar budidaya lebah madu klenceng. Dengan demikian, diharapkan peserta dapat melakukan budidaya secara mandiri. (*/Red).