Karyawan PT Aplus Pasific Gelar Unjuk Rasa Tuntut Hak Buruh

Sejumlah karyawan dan SPN saat berunjuk rasa di lokasi PT Aplus Pasific, Citeras Rangkasbotung. (Foto/Dok).

LEBAK,- Sejumlah karyawan PT Aplus Pasifik dan serikat pekerja nasional (SPN) menggelar aksi unjuk rasa di depan perusahaan tempat mereka bekerja yang berlokasi di jalan Prof Ir Soetami, Kampung Cikumpul Desa Citeras Kecamatan Rangkasbitung Lebak Banten, Rabu (12/8/2020). Dalam aksinya mereka menuntut hak-hak buruh yang belum direalisasikan oleh perusahaan.

Ketua DPC SPN Kabupaten Lebak, Sidiq Uen mengatakan, bahwa aksi yang dilakukan oleh SPN dan karyawan PT Aplus Pasific untuk menuntut beberapa hak pekerja.

“Beberapa hak yang menjadi tuntutan dalam aksi ini diantaranya terkait masalah, Status pekerja yang belum jelas, Pembayaran pada hari libur nasional belum diterapkan, Belum berlakunya cuti yang tercantum dalam UU Ketenagakerjaan, Belum berlakunya pembayaran karyawan yang terdampak covid-19, dan PHK yang sering terjadi tanpa pembayaran pesangon serta Penolakan dari manajemen untuk pembuatan PKB,” katanya.

Aksi yang dilakukan ratusan karyawan tersebut merupakan buntut dari belum tercapainya kesepakan antara karyawan dengan pihak perusahaan dalam audiensi pada (11/08/2020) lalu yang dilaksanakan di kantor dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Lebak.

“Sudah berlangsung audiensi antara PSP SPN PT Aplus Pasific dengan management yang dimediasi oleh Disnakertrans Kabupaten Lebak dan dihadiri pula oleh pihak Polres dan Intel Kodim Lebak untuk membahas permasalahan yang ada di PT Aplus Pasific,” katanya.

Hingga berita ini diterbitkan 11 orang perwakilan dari SPN PT Aplus bersama pihak management masih menggelar mediasi. (Deni).