Jelang Arus Mudik, Dishub Lebak Gelar Rampcheck di Terminal Aweh

Petugas Dishub Lebak sedang melakukan pemeriksaan laik kendaraan (Rampcheck) di terminal Aweh, Kecamatan Kalanganyar. (Foto/Deni).

LEBAK,- Menjelang arus mudik lebaran tahun 2019 Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak, Banten menggelar inspeksi keselamatan angkutan umum (Rampcheck) di terminal Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Senin (27/5/2019). Pada inspeksi ini petugas Dishub Lebak dibantu personil Polres Lebak dan Dinas Kesehatan setempat.

Kasi Pengujian kendaraan bermotor (PKB) Dishub Lebak, Agus Mahendra mengatakan, pengecekan ini dilakukan untuk memastikan seluruh kendaraan angkutan umum layak untuk mengangkut penumpang.

“Pengecekan ini kita lakukan untuk antisipasi kendaraan lebaran. Mengingat pada saat arus mudik pengguna kendaraan umum jauh lebih banyak dari hari biasanya,” kata Agus kepada wartawan di terminal Aweh, Senin (27/5/2019).

Ia mengungkapkan, pengecekan ini akan digelar hingga 30 Mei mendatang di dua lokasi berbeda yakni terminal Aweh dan terminal Kalijaga.

Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak sedang melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pengemudi kendaraan umum di terminal Aweh, Kalanganyar. (Foto/Deni).

“Rampcheck ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan saat mudik lebaran,” katanya.

Selain melakukan rampcheck, petugas juga melakukan tes urine terhadap pengemudi kendaraan umum yang akan mengangkut penumpang.

“Tes urine kita lakukan untuk mengetahui kemungkinan pengemudi ada yang menyalahgunakan narkoba,” kata petugas kesehatan dari Puskesmas Kalanganyar, dr. Merlin. (Deni).