Jayabaya Kurban 501 Ekor Sapi di Sebar di Lebak

Warga Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar tengah memotomg seekor Sapi kurban dari Mulyadi Jayabaya (JB)

RANGKASBITUNG-Lebaran Idul Adha 2021 ini, tokoh masyarakat Banten Mulyadi Jayabaya (JB) membagikan 501 ekor sapi kepada masyarakat.

Ratusan ekor sapi ini untuk kurban ini di sebar bukan hanya di Kabupaten Lebak tapi juga di Jakarta, Bogor, Tangerang Karawang dan Bekasi. Dengan kurban ratusan ekor sapi ditengah pandemi Corona atau Covid – 19, ini setidaknya meringankan masyarakat dari kesulitan ekonomi dari dampak covid-19.

“Ya, alhamdulilah, ditengah situasi pandemi Covid – 19 ini tahun ini kami masih bisa berkurban untuk dibagikan kepada masyarakat. Pemberian hewan kurban ini untuk berbagi kepada masyarakat yang kurang mampu pada lebaran Idul adha ini. Sebelum seperti saat ini saya juga dulunya orang kurang mampu,” kata Jb.

Berkurban bagi orang yang mampu selain sesuai dengan ajaran Nabi Ibrahim AS untuk bertakwa, kata dia berkurban ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan sarana berbagi dengan warga kurang mampu di tengah kelesuan ekonomi masyarakat lantatan virus Corona.

“Hewan kurban ini dari kami sekeluarga untuk masyarakat agar ikut menikmati daging bersama-sama di hari raya Idul Adha ini,” kata ketua Kadin Banten ini.

Tradisi berkurban ini, lanjutnya, rutin dilakukan setiap tahun oleh keluarganya, karena berkurban merupakan bentuk sebuah keikhlasan dalam beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Ini kami lakukan sejak bertahun-tahun lalu sebagai bentuk keperdulian kepada masyarakat. Lima ratusan ekor sapi ini kami bagikan ke kampung – kampung dan desa,” katanya.

Ratusan hewan kurban yang dibagikan keluarga besarnya kepada warga tersebut merupakan hewan pilihan yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Insya allah hewan kurban yang dibagikan ini semuanya dalam kondisi sehat dan layak utnuk dikonsumsi masyarakat. Kami hanya ingin berbagai dengan masyarakat. Saat ini kami maoish terus mendistribusikan pembagian hewan kurban,” katanya.

Sementara itu ketua RT 07/Rw 02 Kampung Babakan Kelapa, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak Oman mengaku berterimakasih kepada JB, lantaran setiap tahun warganya kerap mendapat kurban dari keluarga besar bupati Lebak dua periode ini (2003-2013) itu.

“Alhamdulilah lebaran Idul Adha tahun ini warga bisa menikmati daging sapi kurban dari pak JB. Sudah beberapa tahun ini kami mendapat kurban sapi dari pa JB,” katanya.(nce)