Gelar Sosialisasi FPK, Kesbangpol Lebak Ajak Warga Jaga Kondusifitas Daerah

ORBITBANTEN,- Dalam rangka menjaga kondusifitas daerah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lebak menggelar sosialisasi dan dialog Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Aula Kantor Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (8/4/2021).

Kegiatan sosialisasi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat tersebut dihadiri Asda I Lebak Alkadri, Kepala Badan Kesbangpol Lebak Agus, Kabid Kesbangpol Lebak Anas, Ketua FPK Lebak Abdurrhosyid Ash Shidiq, Kasiter Kodim 0603 Lebak diwakili Kapten Arm M Basori, Kapolsek Cimarga, tokoh masyarakat, tokoh agama, Kepala Desa Margajaya dan Kepala Desa Margaluyu.

Kabid Kesbangpol Lebak Anas N mengatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran pembauran hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam setiap aspek kehidupan sehingga terpelihara keutuhan negara.

“FKP memiliki peran penting sebagai wadah dialog dan koordinasi antara pemerintah dan kelompok masyarakat guna menampung aspirasi masyarakat. Sehingga tidak terjadi gejolak dan konflik yang dapat memecah belah persatuan dan keutuhan NKRI,” katanya.

Sementara, ketua FPK Kabupaten Lebak, Abdurrhosyid Ash Shidiq mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah bersama masyarakat untuk menciptakan iklim yang kondusif, sehingga memungkinkan adanya perubahan sikap, agar menerima keberagaman masyarakat di Indonesia, terkhusus di Kabupaten Lebak.

“Kegiatan ini sebagai upaya mensosialisasikan kebijakan pembauran kebangsaan untuk memasyarakatkan program FPK agar dapat dipahami dan dihayati oleh masyarakat secara luas, serta sebagai wadah pemersatu antara suku, etnis dan ras,” ujar Abdurrhosyid.

Pihaknya berharap, melalui forum tersebut dapat bekerja secara maksimal dalam upaya menjaga, mengawal semangat persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Mari kita terus menjaga rasa persaudaraan demi keutuhan negara kesatuan. Sebab, melalui kondusifitas daerah maka pembangunan, kesejahteraan dan ekonomi masyarakat akan terus meningkat,” tukasnya. (*/Red).