Event Akhir Tahun Dongkrak Kunjungan Wisman Ke Lebak

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri festival hutan adat Kasepuhan Karang di Kecamatan Muncang (Foto/Istimewa).

LEBAK – Kunjungan wisatawan (Wisman) tahun 2017 ke Lebak diperkirakan akan dikunjungi banyak wisatawan. Pasalnya, Pemerintah Daerah (Pemda) Lebak tengah gencar mengkampanyekan objek wisata yang ada di Lebak melalui berbagai event.

“Banyaknya event yang kita agendakan diyakini dapat mengundang banyak wisatawan datang berkunjung ke Lebak. Misalnya saja, sewaktu acara Kasepuhan Cisungsang dan festival Sawarna, puluhan ribu pengunjung ikut meramaikan acara,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lebak, Oktavianto Arief diruang kerjanya, Senin (18/12).

Baca juga :
Kades Curugbadak Ajak Warga Awasi Pergaulan Anak
Peringati Satu Tahun Penetapan Hutan Adat, Pemda Lebak Gelar Festival Hutan Adat
Curug Dengdeng, Air Terjun Alami di Lebak Selatan

Menurutnya, festival yang diselenggarakan cukup efektif menarik minat wisatawan.
“Bahkan tahun 2017 ini kunjungan wisatawan melampau target dari 500 ribu sampai bulan November lalu sudah tembus mencapai 650¬† ribu,” ungkapnya.

Okta menambahkan, kunjungan wisatawan bisa terus bertambah lagi karena pada tanggal 20 Desember mendatang akan diselenggarakan festival Baduy.

“Ribuan wisatawan dipastikan akan ikut memeriahkan. Termasuk Menteri Pariwisata yang dijadwalkan akan ikut hadir bersama Bupati dan Wakil Bupati yang mudah-mudahan bisa hadir secara bersama-sana menyaksikan festival Baduy yang ke-dua kali, yang saat ini persiapannya sudah 90 persen,” bebernya.

Pada tahun 2018, kata Okta, Dispar Lebak targetkan 750 ribu pengunjung wisatawan ke Lebak.

“Target kunjungan di tahun 2018 kita naikan sebanyak 250 ribu pengunjung. Dari tahun sebelumnya 500 ribu menjadi 750 ribu,” ungkapnya.

Pihaknya optimis bisa mencapai target tersebut, karena banyak tempat obyek wisata yang sudah ditata dan dikelola dengan baik, dari segi sarana, prasarana serta akses jalannya. Seperti halnya Pantai Sawarna yang saat ini sudah semakin indah dan rapi.

“Belum lagi obyek wisata lain dan yang terbaru saat ini ialah hutan adat Karang berlokasi di Muncang. Di sana sangat indah dan alami, cocok untuk liburan keluarga,” tandasnya. (Deni).