Dirjen PFM Kemensos Tinjau Pembagian BST di Lebak

LEBAK, – Direktur Jenderal (Dirjen) Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama meninjau langsung proses pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kantor Pos Unit Warunggunung di Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung, Minggu (17/5/2020).

Dirjen PFM Kemensos Asep Sasa didampingi Direktur PFM wilayah II Wayan Wirawan dan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebak Eka Darmana Putra saat meninjau kegiatan penyaluran BST terdampak Covid-19.

“Kami cukup puas dan memberikan apresiasi yang tinggi atas lancarnya penyaluran BST ini. Kita juga melihat, kerjasama dan koordinasi terpadu antar berbagai pihak cukup baik. Sehingga, pembagian BST berlangsung lancar dan mengikuti protok kesehatan. Sesuai intruksi Presiden Jokowi sebelum lebaran BST sudah diterima oleh KPM,” kata Dirjen PFM Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama di sela-sela memantau pembavian BST di kantor Pos Warunggunung, kemarin.

Dirjen juga memastikan bahwa penyaluran BST sama sekali tidak ada potongan sepeserpun. Karena itu, ia mengajak semua lihak untuk mengawasi agar tidak ada praktek pungutan luar (Pungli) yang dapat merugikan KPM.

“Jangan sampai ada kutipan/pungli dan meminta kepada semua pihak termasuk untuk turut mengawasi dan membantu agar pembagian KPM berjalan lancar. Lebak, Banten dan Subang Jabar, jadi contoh penyaluran yang baik semua kompak dan kondusif,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang belum menerima BST, sebut Asep untuk bersabar menubggu giliran mengingat pencairan BST dilakukan secara bertahap.

“Pencairan bertahap/bergelombang yang jelas semua yang telah terdaftar dan diverval akan menerima haknya tanpa terkurangkan sedikitpun. Pencairan BST akan terus sampai dengab akhir Mei,” katanya.

Kepala Dinsos Kabupaten Lebak Eka Darmana Putra mengatakan, secara keseluruhan pembagian BST di Lebak berlangsung lancar seperti penyaluran BST di Kecamatan Warunggunung yang berlangaung di kantor Pos setempat.
“Alhamdulilah pembagian BST sebesar Rp 600 ribu bagi KPM penerima berlangsung lancar. Pokonya pencairan tahap 2 ini hari ini (minggu, red) selesai sebanyak 39.100 KPM, minggu depan tahap berikutnya sebanyak 77.150 KPM,” kata mantan Asda IV Setda Lebak ini.

Eka menjelaskan di Kabupaten lebak terdapat sebanyak 192.770 KPM yang mendapatkan BST dengan rincian bantuan Kemensos/APBN 132.318 KPM, APBD I 10.452 KPM, APBD II 32.770 KPM, dan BST Dana Desa 17.230 KPM.

“Masyarakat yang sudah didata dan diusulkan tetapi belum menerima bansos agar bersabar menunggu giliran karena BST dampak Covid-19 dibackup 4 sumber anggaran: APBN, APBD I, APBD II dan desa,” tukasnya.

Nurhasan salah seorang penerima BST warga Desa Selaraja, Kecamatan Warunggunung mengaku cukup terbantu dengan adanya bantuan sebeaar Rp600 ribu ditengah situasi pandemi Covid-19.

“Dana ini akan dipergunakan untuk membeli sembako kebutihan sehati-hari. Cukuplah untuk dua pekan kedepan apalagi ini jelang lebaran. Setidaknya dua pekan kedepan kami sudah tak perlu lagi memikirkan uanv dari mana untuk membeli kebutuhan makan sehati-hari,” katanya.(*/red)