Bawaslu Minta Pengawasan Calon Tunggal Ditingkatkan

Ketua Bawaslu RI Abhan (tengah) saat memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi penguatan pemantauan pemilu di Hotel Mutiara, Kalanganyar, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Jum'at 13/4, (Foto/Yusup).

LEBAK, – Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Republik Indonesia meminta pengawasan terhadap calon tunggal di Pilkada Lebak 2018 lebih ditingkatkan. Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu RI, Abhan, pada kegiatan sosialisasi penguatan pemantauan pemilu di Hotel Mutiara, Kalanganyar, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Jum’at (13/4).

Dikatakan Abhan, keberadaan lembaga pengawas pemilu memiliki peran penting dalam pelaksanaan demokrasi di daerah, khusunya di Kabupaten Lebak. Mengingat, Kabupaten Lebak merupakan salah satu daerah yang hanya diikuti oleh satu pasangan calon pada Pilkada serentak tahun 2018 mendatang.

“Jumlah pasangan calon tunggal paling banyak itu ada di Provinsi Banten, yakni ada 3 (tiga) pasangan calon tunggal,” kata Abhan kepada wartawan, Jumat (13/4).

Dari ketiga pasangan calon tunggal Pilkada serentak 2018 itu, kata Abhan, terdapat di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kabupaten Lebak. Menurutnya, untuk mencegah terjadinya pelanggaran, maka pengawasanya harus ditingkatkan.

“Meskipun hanya diikuti oleh satu pasangan calon, bukan berarti tidak ada pelanggaran. Seperti money politik, black campaney, atau pelanggaran-pelanggaran lainya,” ujarnya.

Abhan mengimbau, baik Panwaslu maupun KPU, agar bersinergi dengan masyarakat dalam melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada Lebak 2018.

“Saya harap di Kabupaten Lebak ada lembaga pemantau resmi. Karena di setiap daerah harus memiliki lembaga pemantau resmi, menimal satu daerah punya satu lembaga pemantau,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Lebak Ade Jukroni mengatakan, pengawasan pelaksanaan pemilu di Kabupaten Lebak akan berjalan dengan semestinya.

“Selama ini, Panwalu Lebak terus melakukan pengawasan disemua tahapan Pilkada sesuai peraturan perundang-undangan meski hanya diikuti oleh satu pasangan calon,” tandasnya. (Yusup).