PLN Ajak Masyarakat Lapor Kejadian Kelistrikan Lewat Aplikasi PLN Mobile

Manager PLN UP3 Banten Selatan Irwanto Wahyu Kusumo.

LEBAK- PT PLN (Persero) sebagai BUMN kelistrikan memiliki jaringan listrik yang terbentang luas untuk mendukung kebutuhan masyarakat. Guna menjaga keandalan dan keamanan layanan listrik, PLN juga mengajak masyarakat untuk turut bersinergi dan melaporkan kejadian kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile.

Manager UP3 Banten Selatan, Irwanto Wahyu Kusumo menyampaikan melalui aplikasi PLN Mobile, masyarakat dapat lebih cepat menyampaikan pengaduan.

“Jaringan PLN menyalurkan listrik hingga ke rumah-rumah pelanggan sehingga jaringan listrik justru lebih dekat dengan pelanggan. Oleh karena itu, mari kita laporkan dan sampaikan melalui PLN Mobile apabila terjadi gangguan listrik ataupun menemukan potensi bahaya,” ungkap Irwanto.

Irwanto menjelaskan pelanggan cukup mengunduh aplikasi PLN Mobile melalui di Playstore atau AppStore. Lewat aplikasi ini pelanggan dapat mengakses beragam layanan PLN. Baik untuk memantau tagihan kelistrikan, pengajuan permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara, hingga untuk kepentingan pelaporan.

Selain itu, PLN juga memiliki Contact Centre yang dapat dihubungi langsung melalui ponsel. Cukup dengan menekan kode 123 tanpa perlu menggunakan kode area, pelanggan dapat terhubung dengan PLN.

“Kejadian-kejadian seperti pohon tumbang di sekitar jaringan listrik, kabel yang menjuntai, ataupun kejadian-kejadian kelistrikan yang dapat memiliki potensi bahaya, kami harap dapat dilaporkan masyarakat melalui berbagai sarana yang ada. Semakin cepat dilaporkan, maka upaya preventif semakin cepat dapat dilakukan,” jelasnya.

Senada dengan itu, Manager PLN ULP Malingping, Helmi mengungkapkan PLN secara berkala telah melakukan pemeriksaan jaringan, dari SUTM dan SUTR, dan Gardu. Selama 24 jam sepekan, PLN juga menurutnya siaga dalam menerima pengaduan pelanggan.

“Secara rutin kami telah melakukan inspeksi jaringan, menjalankan pemeliharaan listrik secara terjadwal dan memeriksa pepohonan yang berdekatan dengan jaringan listrik,” ujar Helmi.

Menanggapi kejadian kelistrikan beberapa waktu lalu di Kampung Warung Gunung, Desa Panyaungan Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, PLN turut menyampaikan bela sungkawa. PLN dan keluarga korban, dengan didampingi oleh Polsek Panggarangan menurutnya telah menyelesaikan kejadian ini secara kekeluargaan.  Dengan itikad baik dan musyawarah, keluarga korban telah ikhlas menerima kejadian yang tak diharapkan tersebut.

Kapolsek Panggarangan, AKP Wawan Suhawan, berharap agar masyarakat dapat melapor ke PLN bila mengetahui terdapat jaringan listrik yang berpotensi bahaya.

“Saya berharap agar warga segera melaporkan ke PLN apabila melihat ada kabel listrik yang dapat menimbulkan bahaya,” ujarnya.(red)