242 Siswa SMAN 3 Rangkasbitung Ikuti UNBK

Sejumlah siswa SMA Negeri 3 Rangkasbitung sedang melaksankan UNBK di ruang laboratorium komputer. (Foto/Dok).

LEBAK – Sebanyak 242 orang siswa kelas XII SMAN 3 Rangkasbitung mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2019. Civitas akademika SMAN 3 Rangkasbitung optimistis seluruh siswa akan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Kepala SMAN 3 Rangkasbitung Ucu Lena Murtadewi menyatakan, jumlah siswa kelas XII yang ikut UNBK di SMAN 3 Rangkasbitung sebanyak 242 orang. Kegiatan ujian sendiri dibagi dalam tiga sesi dan dilaksanakan di empat ruangan. Masing-masing ruangan diisi oleh 20 orang peserta dengan 20 unit komputer yang telah disediakan panitia pelaksana ujian  nasional.

“Kami bersyukur, pelaksanaan UNBK pada hari pertama berjalan dengan lancar. Para siswa diyakini dapat mengisi semua soal ujian dengan baik,” kata Ucu kepada Orbit Banten, Senin (1/4/2019).

Jumlah peserta UNBK di SMAN 3 Rangkasbitung sebenarnya sebanyak 243 orang. Namun, satu orang siswa meninggal dunia akibat sakit sebelum ujian nasional dilaksanakan. Untuk itu, siswa kelas XII yang ikut UNBK hanya 242 orang.

“Ujian nasional di SMAN 3 Rangkasbitung kita bagi menjadi tiga sesi, yakni mulai pagi sampai sore hari. Karena jumlah komputer yang dimiliki sekolah terbatas, yakni hanya 92 unit,” jelasnya.

Ucu berharap, semua siswa yang ikut UNBK di SMAN 3 Rangkasbitung dan di sekolah lain di Lebak dapat lulus dengan nilai yang memuaskan. Sehingga, mereka bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diinginkan.

“Semoga UNBK berjalan lancar sampai tuntas,” ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Wilayah Kabupaten Lebak Sirojudin mengatakan, peserta UNBK SMA di Lebak sebanyak 6.440 orang, dengan rincian 3.005 laki-laki dan 3.435 perempuan. Dari pantauan di lapangan, UNBK berjalan dengan lancar. Tidak ada laporan adanya gangguan listrik, internet, dan kendala lain yang menghambat pelaksaan UNBK di 28 kecamatan.

“Hari pertama UNBK, semuanya berjalan sesuai harapan. Enggak ada masalah yang dihadapi 53 sekolah di Lebak dalam menyelenggarakan UNBK” tukasnya.(Deni)