Wisata Pemandian Tirta Buana Lebak di Banjiri Pengunjung

Pemandian air panas Tirta Lebak Buana dibanjiri pengunjung. (Foto:Yusuf).

LEBAK,- Libur panjang lebaran dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berlibur bersama keluarga. Terpantau, beberapa destinasi wisata di kabupaten Lebak di banjiri pengunjung. Salah satunya wisata pemandian Tirta Buana Lebak (TBL) yang merupakan objek wisata alam berupa pemandian air panas alami yang terletak di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak.

Saat libur lebaran, TBL destinasi wisata favorit telah menjadi perimadona para pengunjung yang sedang berlibur menghabiskan waktu serta berkumpul bersama keluarga. Tidak hanya pengunjung dari dalam daerah , TBL sendiri telah menjadi perimadona bagi para pengunjung dari luar daerah seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Tanggerang, Pandeglang dan Serang.

Jaenudin (40) , Salah seorang pengunjung yang berasal dari Kabupaten Tanggerang mengatakan dirinya telah lama merencanakan untuk mudik dan berlibur ke kampung halamannya yang berada kecamatan Cipanas.

Dirinya sengaja memilih TBL sebagai tempat untuk berlibur bersama keluarga, karna tempatnya yang tidak jauh dari rumah kediaman keluarganya.

“Kami sengaja berlibur kesini, karna selain bisa menjadi tempat piknik, disini juga saya sama keluarga bisa terapi mandi air panas,” ujarnya.

Pengelola Pamandian TBL Manik Pramanik mengungkapkan, jumlah total pengunjung pada Hari kedua libur lebaran ini berjumlah 800 pengunjung.Menurutnya, dibandingkan tahun sebelumnya, pengunjung yang datang pada libur lebaran tahun ini mengalami penurunan.

“Sekarang masih kondusif tidak terlalu rame, tidak seperti tahun kemarin. Mungkin karena libur panjang, jadi nantinya bakal ada proses, tidak seperti libur pendek yang di paksa rame,” ujarnya.

Manik menyebutkan, untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi pengunjung, pihaknya telah bekerjasama dengan pihak kepolisian setempat, dan juga organisasi masyarakat (Ormas) untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, pihaknya telah bekerjasama dengan Puskesmas setempat untuk mendirikan posko kesehatan yang akan beroperasi pada H+1 Lebaran sampai dengan H+7 Lebaran.

“Kita siapkan ada papan nama, yang akan diinformasikan 15 menit sekali untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,”

Dirinya memperkirakan, puncak lonjakan pengunjung akan terjadi pada H+3 Lebaran yang bertepatan pada hari Minggu.

“Puncak rame diperkirakan hari minggu besok, kalau sekarang masih belum karena masih suasana IdulFitri,” pungkasnya. (Alvin).