Warga Cimanyangray Siap Nikmati Jalan TMMD

Antusias warga bantu personil TNI dari Kodim 0603 Lebak mengangkut material batu untuk perkerasan jalan penghubung antara Kecamatan Gunungkencana dengan Kecamatan Cirinten, Jumat 27/4, (Foto/Dok).

LEBAK, – Tidak lama lagi warga Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunungkencana akan merasakan hasil pembangunan jalan program TMMD. Pasalnya, jalan sepanjang 5,4 kilometer yang menghubungkan antara Kecamatan Gunungkencana dengan Kecamatan Cirinten ini akan segera dinikmati oleh warga.

Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Syafa’ Susanto mengatakan, kegiatan fisik pembangunan jalan, turap, plat duicker, dan drainase sudah hampir selesai dikerjakan.

“Sepekan lagi warga Cimanyangray siap menikmati jalan TMMD,” kata Letkol Arh Syafa’ Susanto, kepada Orbit Banten, Jumat (27/4).

Dijelaskannya, kgiatan  TMMD ke 101 Kodim 0603/Lebak ini sudah memasuki H+23. Dimana dalam pelaksanaanya melibatkan personil gabungan dari TNI yang terdiri dari Kodim 0603/Lbk, Balakrem 064/MY, Yonif 320/BP dan Lanal banten di bantu Polri beserta masyarakat diturunkan bahu membahu mengerjakan pembangun fisik maupun non fisik.

“Sarana jalan tersebut akan segera dinikmati oleh masyarakat untuk beraktifitas dengan menggunkan sepeda motor maupun mobil untuk berbagai kegiatan perekenomian dan pembangunan,” jelasnya.

Menurutnya, selain sasaran pokok pembukaan dan pengerasan jalan, sasaran fisik tambahan dalam program TMMD yaikni, merehab rumah warga yang tidak layak huni bagi masyarakat yang tidak mampu, pembangunan Pos Kamling, rehab Mesjid dan Mushola serta MCK.

“Banyak potensi yang bisa dikembangkan disini (Desa Cimanyangray,-red). Seperti wirausaha, yang jika dikelola dengan baik dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh Orbit Banten di posko TMMD ke-101 Kodim 0603/Lebak. Sasaran kegiatan fisik pokok meliputi, pekerjaan pembukaan badan jalan sepanjang 5,4 kilometer, dengan  lebar 8 meter sudah mencapai hasil 100 persen.

Pekerjaan pengerasan badan jalan 5,4 kilometer, lebar 3 meter sudah mencapai hasil 92 persen. Pembuatan Gorong-gorong 9 titik sudah mencapai hasil 100 persen.

Pembuatan turap sepanjang 224 meter sudah mencapai hasil 100 persen, pembuatan plat duicker sudah mencapai hasil pekerjaan 100 persen dan pembuatan Drainase 5,4 kilometer sudah mencapai 100 persen.       
     
Sementara untuk sasaran pekerjaan fisik tambahan, rehab Masjid dan MCK satu unit sudah mencapai hasil 100 persen, rehab Mushola satu unit sudah 100 persen. Serta pembuatan pos kamling satu unit sudah mencapai 100 persen, rehab  RTLH tiga unit sudah mencapai 100 persen. (Deni).