Untuk Kedua Kalinya, Lebak Kembali Raih Anugerah Pandu Negeri

Bupati Lebak Iti Octavia Jayaba usai menerima penghargaan Pandu Negeri tahun 2019 di Jakarta. (Foto/Dok.).

LEBAK,- Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak untuk kedua kalinya kembali meraih penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2019 untuk kategori Kabupaten dengan Kinerja dan Tata Kelola Pemeintah Terbaik yang diselenggarakan oleh Indonesian Institute for Public Governance (IIPG).

Informasi yang dihimpun Orbit Banten, penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Lebak dua tahun berturut-turut tersebut diterima langsung Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Auditorium Binakarma, Hotel Bidakarya, Jakarta, Jum’at (25/10/2019) malam.

“Syukur Alhamdulillah untuk kedua kalinya Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak meraih penghargaan dengan kategori tata kelola pemerintah yang baik,” kata Bupati Lebak.

Iti juga berharap, dengan diterimanya penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh aparatur pemerintah Lebak dalam mewujudkan Good and Clean Governance.

“Mari kita terus semangat untuk membangun Kabupaten Lebak dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang,” ujar Iti.

Sementara itu, Ketua Umum IIPG Sigit Pramono dalam sambutannya menjelaskan, IIPG melakukan penilaian secara independen terkait kinerja terhadap 34 Provinsi, 416 Kabupaten dan 99 Kota di Indonesia.

Penilaian tersebut meliputi aspek tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, kinerja pengembangan manusia, kinerja ekonomi, inovasi strategik serta pimpinan yang inovatif.

Sigit menjelaskan, dari hasil penilaian tersebut, didapatkan 63 nominasi pemerintah daerah terbaik untuk penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2019.

“Kami ingin Anugerah Pandu Negeri ini memiliki kredibilitas yang tinggi, dan pemilihan APN ini sangat independen dan sangat transparan,” pungkas Sigit.

Diakhir sambutannya Sigit mengajak kepada seluruh Pemimpin Daerah untuk bersama-sama menjadi teladan dan menjadi pandu dalam membangun negeri sehingga kedepan negeri ini menjadi lebih baik lagi.

Untuk diketahui event APN merupakan ajang pemberian penghargaan tahunan untuk pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia yang memiliki kinerja dan tatakelola terbaik, serta pemimpin inovatif yang berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola.

IIPG sendiri adalah sebuah organisasi nirlaba yang digagas sekelompok anak bangsa yang peduli terhadap tata kelola baik di sektor swasta atau korporasi dan sektor publik atau
institusi pemerintahan dengan Ketua Dewan Penasihat, Prof. DR. H. Boediono, M. Ec. yang juga Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2009-2014.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Presiden RI Periode 2009 – 2014 Prof. Dr. H. Boediono, M.Ec, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat IIPG serta para kepala daerah di Indonesia. (*/Den).