Tanpa Guru PNS, KBM di SMPN 5 Wanasalam Tetap Berjalan

Sejumlah siswa SMPN 5 Wanasalam saat selesai mengikuti kegiatan KBM. (Foto/Kus).

LEBAK, – Meski tidak memiliki guru pelajaran yang statusnya Pegawai Negri Sipil (PNS), Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN) 5 Wanasalam, Kabupaten Lebak tetap melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Semua guru yang mengajar di sekolah ini satatusnya masih guru honorer, hanya saya sendiri yang PNS,” kata Kepala SMPN 5 Wanasalam, Hikmat Tasyri kepada Orbit Banten di sekolah, Senin (17/2/2020).

Padahal, kata Hikmat, seluruh guru yang ada di sekolah tersebut sudah mengabdi lebih dari 7 tahun. Dari 12 guru yang ada di SMPN 5 Wanasalam, selutuhnya berstatus honorer.

Meski ada pendaftaran CPNS, guru yang mengabdi di sekolah ini sering terkenala usia. Mengingat, pengabdian para tenaga guru honorer sudah lama. Bahkan sejak dibukanya sekolah tersebut.

“Sebagai kepala sekolah, saya sangat berharap ketiga guru yang akan ikut dalam seleksi CPNS tahun ini bisa lolos. Mengingat pengabdian mereka yang sudah cukup lama disekolah. Bahkan semenjak sekolah ini dibuka,” ungkapnya.

Salah seorang guru honorer SMPN 5 Wanasalam, Eva Wulandari, mengaku sudah mengabdi selama 8 tahun semenjak sekolah tersebut di buka.

“Semenjak sekolah ini dibuka saya sudah mengabdi di sini. Mungkin sudah hampir 8 tahun mengajar disini,” kata Eva.

Ia mengaku, akan mengikuti seleksi CPNS dan berharap lolos dan menjadi PNS. “Kalau ada rekrutmen CPNS saya juga ingin ikutan tes. Mudah-mudahan ada nasibnya dan bisa lolos jadi guru PNS. Kalau pun enggak lolos, kami hanya bisa pasrah karena selama ini kami jalani profesi ini dengan ikhlas,” tukasnya. (Kus).