Sat Intelkam Polres Lebak Lakukan Penggalangan kepada Warga Desa Padasuka

LEBAK,- Satintelkam Polres Lebak melakukan penggalangan intelejen terhadap warga Kampung Kalahang Taman RT 028 /RW 006 Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak yang menolak rencana pembangunan Kandang ayam Broiler close house milik PT. Gading Sakti Prima, Selasa, (21/02/2023).

Kasat Intelkam Polres Lebak, AKP Sutanto, mengatakan kegiatan penggalangan yang dilakukan ini sebagai langkah antisipatif pihak kepolisian untuk mencegah adanya aksi penolakan lebih meluas terhadap rencana pembangunan Kandang ayam Broiler close house milik PT. Gading Sakti Prima.

“Anggota melakukan pendalaman serta memberikan pandangannya dalam penyelesaian masalah dengan adanya rencana pembangunan Kandang ayam,” katanya.

Pihaknya menjelaskan, warga menolak rencana pembangunan kandang ayam lantaran khawatir akan terjadi pencemaran lingkungan yang nantinya akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar.

“Warga sekitar juga masih merasa trauma atas banyaknya Insiden – insiden yang terjadi pada saat adanya kandang ayam sebelumnya,” katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, penolakan tersebut juga diduga karena adanya masyarakat yang menggarap/berkebun di lahan milik PT. Gading Sakti Prima. Sehingga, kata dia, jika kandang ayam tersebut dibangun mereka beranggapan akan kehilangan mata pencahariannya.

Menurut Kasat, Penolakan pembangunan kandang ayam ini juga diduga adanya manipulasi tanda tangan dan upaya pemaksaan yang dilakukan oleh pihak pengusaha kepada warga pada saat mengurus perijinan lingkungan.

“Warga menduga pihak perusahaan telah melakukan manipulasi tanda tangan warga untuk mengurus perijinannaya. Warga juga telah membuat surat penolakan pertama terkait rencana pembanguan kandang ayam pada tanggal 17 Februari 2023 lalu,” tukasnya. (*/Red).