Sambut HUT RI ke 73, Pemdes Ciburuy Gelar BBGRM

Kerja bakti warga Kampung Pasir Randu, Desa Ciburuy, Kecamatan Curugbitung membersihkan lingkungan. (Foto/Ali).

CURUGBITUNG,- Pemerintahan Desa (Pemdes) Ciburuy, Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak, Banten menggelar acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM). Kegiatan tersebut dikomandoi langsung oleh Kepala Desa (Kades) setempat, Jumat (3/8/2018).

“Kegiatan bersama masyarakat bersih-bersih jalan lingkungan ini dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 73, kita persiapkan dari sekarang,” kata Kades Ciburuy Rudi. S saat ditemui Orbit Banten, dilokasi kegiatan BBGRM, di Kampung Pasir Randu, Desa setempat.

Ia mengatakan pemerintahan desa mendorong dan memotivasi masyarakat untuk menjalin kebersamaan masyarakat meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan ini, kata Rudy, dilakukan dilokasi lahan kosong sepanjang 140 meter, yang rencananya akan dilakukan pembangunan dengan pengersan dan pavin blok, termasuk jembatan sepanjang 6 meter yang terbuat dari bambu akan dibangun dengan cara dibeton melalui anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018.

“Ini untuk kebersihan dan keindahan lingkungan desa, nantinya dapat menjadi objek dan subjek pembangunan, serapan aparatur dan masyarakat desa, Selain itu untuk mewujudkan program Lebak bersih dan sehat,” paparnya.

Menurut Rudy, kegiatan BBGRM bertujuan menjaga dan melestarikan budaya bangsa, meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, gotong royong dan swadaya masyarakat dalam pembangunan.

“Ini dapat meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berdasarkan rasa kebersamaan dan keanekaragaman menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan sosial gotong royong dalam menikmati kemerdekaan di negeri tercinta ini,” tukasnya. (Ali).