Ribuan Warga Sekarwangi Gelar Tradisi Ngembang

Warga Kampung Cilawang, Desa Sekarwangi, Kecamatan Curugbitung, saat tradisi Ngembang yang digelar di deaa setempat, Kamis 3/5. (Foto:Ali).

CURUGBITUNG, – Ribuan warga Kampung Cilawang, Desa Sekarwangi, Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak menggelar tradisi Ngembang yang digelar di deaa setempat, Kamis (3/5). Tradisi Ngembang ini sudah ada sejak puluhan tahun silam dan terus dilestarikan hingga saat ini.

Ngembang merupakan tradisi turun temurun dari kasepuhan Desa Sekarwangi. Tradisi ini digelar setiap tahun sekali dan dilaksankan pasca panen padi di musim kedua.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Sekarwangi, Suhaemi mengatakan, tradisi ini dilakukan satu tahun sekali pasca musim panen, sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan hasil bumi. Tradisi Ngembang dilakukan dengan cara ritual jiarah ke makam keramat Kibuyut Bangsa.

“Alhamdulilah, masyarakat berdatangan untuk menghadiri acara Ngembang. Bahkan ada juga yang datang dari luar desa, seperti dari Sajira, keluarga dari Tangerang dan Jakarta,” katanya kepada Orbit Banten, Rabu (3/5).

Ketika tradisi ini digelar, lanjut ketua BPD ini, warga sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Bagi warga setempat, tradisi Ngembang merupakan ritual yang sakral bagi warga setempat sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada sang Khalik.

“Melalui kegiatan ini mudah-mudahan kita diberi keberkahan. Juga dapat dilestarikan dari generasi ke generasi,” imbuhnya.

Sementara itu, menurut Asmeri, seorang juru kunci makam Kibuyut Bangsa (Kasepuhan setempat,-red) mengatakan, tradisi seperti ini sudah cukup lama. Selain syukuran hasil panen, tradisi Ngembang ini juga sekaligus untuk menjalin tali silaturahmi dengan warga masyarakat. 

“Tradisi ini diadakan setap tahun, selain ngembang hal ini juga dilakukan untuk menjalin tali silaturahmi. Baik dengan warga setempat maupun dengan warga dari luar wilayah Desa Sekarwangi. Saya berharap generasi penerus dapat menjaga budaya ini dan terus dikembangkan,” katanya. (Ali).