Rebutan Bangku Sekolah, Orang Tua Siswa Rela Datang Dini Hari

Tampak sejumlah siswa baru SDN 1 Bojong Leles sedang menandai bangku (kursi) di ruang kelas, Senin 16/7/2018, (Foto/Deni).

LEBAK,- Hari pertama masuk sekolah di SD Negeri 1 Bojong Leles, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten diwarnai peristiwa unik. Para orang tua dan siswa sudah datang sejak pukul 04.00 WIB untuk menandai bangku (kursi,-d) paling depan, Senin (16/7/2018).

Para orang tua dan siswa sudah datang sejak dini hari untuk menandai kursi di ruang kelas. Tradisi berebut kursi masih menjadi kebiasaan dan tetap ada hingga saat ini. Kursi deratan pertama menjadi incaran para orang tua. Hal itu diyakini para orang tua, jika duduk dideretan kursi paling depan dianggap mempermudah siswa dalam menyerap ilmu pengetahuan dari guru.

“Ya kita sengaja datang sejak pukul 04.00 subuh, karena takut gak kebagian bangku. Kalau terlambat nanti hanya kebagian kursi belakang saja,” kata Lia, salah satu orang tua siswa kepada wartawan, Senin (16/7/2018).

Menurutnya, tradisi rebutan bangku ini sudah ada sejak dulu dan terus berlanjut hingga saat ini. Katanya, ia rela datang lebih awal, bahkan sebelum pintu sekolah dibuka oleh penjaga sekolah.

“Kalau siswa duduk paling depan bisa mempermudah dalam menyerap ilmu pengetahuan dari guru,” ujarnya.

Sementara itu, Mely salah seorang siswa SDN 1 Bojong Leles mengaku, datang lebih awal karena takut tidak kebagian kursi paling depan, sehingga memilih berangkat lebih awal.

“Ya kita datang lebih awal agar mendapatkan kursi paling depan, kalau telat sedikit kita pasti mendapatkan tempat duduk paling belakang,” katanya. (Deni).