Ratusan Siswa SD di Kecamatan Curugbitung Ikuti Lomba TKD

Kepala UPT Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Curugbitung (Kiri) di dampingi ketua pelaksana Muksin sedang memantau kegiatan lomba TKD, Sabtu 10/2, (Foto/Ali).

CURUGBITUNG – Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta meningkatkan prestasi siswa di sekolah, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Curugbitung menggelar Lomba Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan lomba Matematika-IPA (Mipa) tingkat Kecamatan Curugbitung, di SD Negeri 1 Ciburuy, Desa Ciburuy, Kecamatan Curugbitung, Sabtu (10/2).

Ketua pelaksana kegiatan Muksin mengatakan, sebanyak 150 siswa mengikuti kegiatan perlombaan tersebut. Seluruh peserta berasal dari 22 sekolah dasar (SD) yang ada di Kecamatan Curugbitung. Adapun jenis kegiatan yang diperlombakan yakni, Tes Kemampuan Dasar Siswa (TKD) dan Kegiatan Matematika IPA (Mipa).

“Untuk peserta sendiri masing sekolah mengirimkan 19 orang peserta,” kata Muksin kepada Orbit Banten, Sabtu ( 10/2).

Muksin menambahkan, mata lomba yang diperlombakan utuk perlombaan TKD diantaranya, MTQ Putera dan puteri, baca tulis dan menghitung (Calistung) diikuti oleh siswa kelas satu, dua, dan tiga. Sementara untuk lomba Mipa pesertanya kelas 5 dan kelas 4 SD.

“Pada tahun 2016 lalu, Kecamatan Curugbitung menjadi salah satu peserta yang mewakili Kabupaten Lebak di tingkat Provinsi Banten dalam kegitan lomba tari kereasi siswa dan mendapatkan juara dua,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamata Curugbitung Mulyana mengatakan, kegiatan ini bertujuan selain mencari bibit calon peserta ditingkat kecamatan yang nantinya akan mewakili di tingkat Kabupaten. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bagi para siswa yang ada di wilayah Kecamatan Curugbitung.

“Saya berharap kegitan ini menjadi motivasi bagi para guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, serta mampu meningkatkan perestasi siswa di sekolah. Sehingga nantinya para peserta tersebut bukan hanya menjadi juara ditingkat Kecamatan dan Kabupaten saja, tapi mampu menjadi juara ditingkat Provinsi hingga tingkat Nasional,” tandasnya. (Ali).