Puluhan Pelaku Ekonomi Kreatif di Lebak Dilatih Smartphonography Dari Kemenkraf RI

LEBAK, ORBITBANTEN.CO.ID – Para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Lebak mendapatkan pelatihan khusus Smartphonography yang digelar oleh Direktorat Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Hotel Mutiara, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Jum’at (12/11/2021).

 

Kegiatan itu dihadiri oleh Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Erwita Dianti, Kepada Bidang SDM dan Ekraf pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lebak Luli Agustina, Ketua DPRD Lebak M Agil Zulfikar, dan Anggota Komisi X DPR RI Ali Zamroni.

Pada kegiatan tersebut, para pelaku Ekonomi Kreatif diberikan bimbingan dan pelatihan seputar cara mempotret produk UMKM mereka menggunakan teknik-teknik fotografi dengan memanfaatkan peralatan seminimalis mungkin, namun dapat menghasilkan foto yang sebagus alias se estetik mungkin.

 

Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Erwita Dianti mengatakan, tujuan dari kegiatan itu sendiri adalah untuk meningkatkan SDM para pelaku ekonomi kreatif dalam hal produktivitas pemasaran.

“Kami berharap dengan adanya bimtek Smartphonegraphy ini, para pelaku ekraf lebih paham bagaimana berjualan di Medsos. Cara brandingnya seperti apa, terus cara memotretnya seperti apa. Karena foto itu sendiri sangatlah berpengaruh terhadap pemasaran produk,” katanya.

Dirinya pun berharap dengan pemasaran produk UMKM yang semakin produktif maka dapat membuat proses pemulihan ekonomi dapat berjalan dengan cepat.

Hal senanda di sampaikan oleh Anggota Komisi X DPR RI, Ali Zamroni. Ia menyakini, bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan produktifitas para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Lebak khususnya dalam hal pemasaran.

“Ekonomi kreatif sendiri harus terus digalakan. Karena kita tahu dan kita rasakan sendiri bahwa selama masa Pandemi Covid-19 semua sektor tumbang, kecuali ekonomi kreatif. Bahkan, mereka lah yang kebanjiran orderan, karena semua orang tidak bisa keluar rumah, sementara kebutuuan harus terus dipenuhi,” katanya.

Dirinya pun berharap, kegiatan itu sendiri dapat menjadi ajang sharing antara para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Lebak, sehingga dapat memunculkan beragam ide kreatif lainnya. Khususnya dalam membangun dan mengembangkan Kabupaten Lebak menjadi daerah yang unggul dan berdaya saing.

(/red)