Puluhan Pedagang di Lebak Ikuti Pelatihan Teknik Pengelolaan Usaha

Puluhan pedagang melakukan foto bersama usai mengikuti pelatihan teknik pengelolaan usaha di Hotel Le Dian Serang. (Foto:Dok).

LEBAK – Sebanyak 55 pedagang pasar yang berasal dari 7 daerah yakni Pasar Rangkasbitung, Pasar Citeras, Pasar Maja, Pasar Sampay, Pasar Cikulur, Pasar Bayah dan Pasar Binuangeun mengikuti pelatihan teknik yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak bekerja sama dengan Pusat Pelatihan dan Pendidikan Kementerian Perdagangan RI. Kegiatan pelantikan berlangsung selama tiga hari yaitu 26-28 Maret 2018 lalu di Hotel Le Dian Serang.

“Para pedagang diberi pemahaman mengenai persyaratan umum Pasar SNI 8152:2015, perlindungan konsumen, kebersihan, ketertiban dan keamanan,” kata Kepala Disperindag Lebak, Dedi Rahmat kepada orbitbanten.co.id, Minggu (1/4).

Selain itu, para pedagang juga diberikan pelatihan teknik pelayanan pelanggan, penataan dan display produk, tertib ukur dalam transaksi perdagangan, pembukuan dan pengelolaan keuangan, serta pengelolaan persediaan barang.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan agar pedagang mulai membiasakan menjaga kebersihan dan ketertiban pasar, sehingga pengunjung maupun pedagang merasa nyaman, aman dan selanjutnya aktifitas pasar akan berjalan dengan semakin baik. Selain itu agar pedagang pasar rakyat dapat meningkatkan wawasan dan dapat bersaing dengan keberadaan toko modern,” ujarnya. (Alvin).