Puluhan Anggota Panwascam di Lebak Jalani Tes Psikologis

Puluhan anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) tampak antusias mengisi soal psikotes disalah satu ruangan di RSUD Adjidarmo Rangkasbitung, Rabu 11/4, (Foto/Dok).

LEBAK,- Sebanyak 84 anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten, Provinsi Banten menjalani tes psikologis yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adjidarmo Rangkasbitung, Rabu (11/4).

Komisioner Panwaslu Kabupaten Lebak Asep Saepudin menuturkan, bahwa tes psikologis yang dilaksnankan ini untuk mengetahui gambaran aspek psikologis atau kejiwaan penyelenggara pemilu, khususnya pengawas pemilu sesuai undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Tes psikologis ini sangat penting untuk menilai kapasitas penyelenggara pemilu. Karena dalam pekerjaanya akan dihadapkan dengan tekanan maupun godaan yang menguji profesionalitas dan netralitas pengawas,” kata Asep kepada Orbit Banten, Rabu (11/4).

Sebagai penyelenggara pemilu, lanjut Asep, harus memiliki mental dan pikiran ataupun psikologis yang sehat, agar bisa melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban sesuai peraturan perundang-undangan.

“Saya berharap melalui tes psikologis ini, seluruh anggota Panwascam dapat melaksankan tugas pengawasanya dengan baik, serta menjunjung tinggi integritas serta netralitasnya sebagai penyelenggara pemilu,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang anggota Panwascam Maja Dudi Ridwan mengaku baru pertama kali mengikuti kegiatan tes psikologis, karena sebelumnya tidak pernah ada. Disinggung soal rangkaian tes psikologis yang diikutinya, Dudi menuturkan ada serangkain tes diantaranya, tes tulis (Psikotes), sesi wawancara, dan tes urine.

“Sebelumnya tidak ada tes seperti ini. Bahkan ada 567 soal yang harus kami isi saat mengikuti tes tulis tadi,” katanya. (Deni).