Potret Harmonis Warga Bareng Pasukan Loreng, Bahu Membahu Buka Akses Jalan Penghubung Dua Kecamatan


LEBAK, ORBITBANTEN.CO.ID
– Potret harmonis antara warga dengan pasukan loreng terlihat dalam pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 114, dimana warga bersama pasukan loreng dari Kodim 0603 Lebak bergotong royong dan bahu membanhu membuka akses jalan penghubung dua Kecamatan di Lebak yakni Kecamatan Cileles dengan Cimarga.

Mereka meratakan tanah dan mengeraskan badan jalan sepanjang 4,84 Kilometer (Km) yang sebelumnya tertutup oleh ladang perkebunan. Bahkan disela-sela kegiatan, mereka tidak sungkan untuk saling bergaul alias mengobrol satu sama lain.

Dandim 0603 Lebak, Letkol Arh Erik Novianto mengatakan, tujuan dari TMMD itu sendiri merupakan untuk meningkatkan kesejahteraan warga dengan terbukanya akses jalan antara kedua kecamatan itu.

“Melalui TMMD ini kita ingin membuat suatu hubungan kedekatan antara TNI dengan warga, yang mana fungsi dari TNI sendiri adalah mengayomi warga atau masyarakat,” kata Dandim kepada wartawan, Senin (1/8/2022).

Dandim mengatakan, dalam pelaksanaannya, TMMD ini memiliki sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik diantaranya adalah pembukaan dan pengerasan akses jalan sepanjang 4,84 Km dan pembuatan Pos Kamling, sedangkan non fisik ialah kegiatan penyuluhan pendidikan, kesehatan dan juga tentang wawasan kebangsaan.

“Saat ini masuk tahap pengerasan, realisasinya perkiraan 2 persen. Kita targetkan akhir bulan Agustus ini bisa rampung 100 persen,” kata Dandim 0603 Lebak.

Menurutnya, pembangunan jalan pedesaan yang menghubungkan dua desa, di dua kecamatan tersebut, kata Letkol Arh Erik tidak lain untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan. Mengingat, di dua desa tersebut masyarakat setempat yang notabene petani kebun, sehingga dengan adanya akses baru itu dapat memudahkan mereka untuk membawa hasil panen buminya.

“Kita harap melalui TMMD ini, kita membantu warga khususnya para petani agar lebih mudah dalam mengangkut hasil tani mereka ke kota-kota, dengan begitu maka kesejahteraan masyarakat juga dapat meningkat,” harapnya.

Lukman (38), warga Cileles mengaku sangat senang bisa turut mengikuti dan membantu para pasukan loreng dalam membuka akses jalan di kampung halamannya. Sebab, sebelumnya akses jalan di kampungnya itu dulunya terjal, sehingga dengan terbuka akses jalan dirinya dan para petani lainnya dapat lebih mudah membawa hasil bumi.

“Alhamdulillah, kita bersyukur di tahun ini ada bantuan dari TNI untuk membuka akses jalan. Jadi nantinya kita ga usah lagi manggul manggul pisang, nangka atau lainnya. Bisa langsung naikin ke mobil,” pungkasnya.

(/red)