Peringati HSN 2019, Ribuan Santri di Lebak Gelar Istighosah

Ribuan santriawan/santriawati dengan khusu mengikuti istighosah yang digelar di alun-alun kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto/Deni).

LEBAK,- Ribuan santri di Kabupaten Lebak, Banten memeringati Hari Santri Nasional (HSN), di alun-alun kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (21/10/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Pariwisata bersama Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Lebak ini diikuti oleh ribuan santri yang berasal dari pondok pesantren di Kabupaten Lebak melaksanakan istigosah atau doa bersama dan pembacaan ayat Al-Quran.

Selain itu, juga dilakukan pembagian santunan kepada anak yatim serta makan nasi liwet bersama Bupati Lebak beserta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang digelar di depan Pendopo Pemda Lebak.

Ketua FSPP Kabupaten Lebak, Ade Buzhaerimi berharap, peringatan Hari Santri Nasional ini tak hanya sekadar seremonial belaka. Lebih dari itu, para santri juga harus memaknai keberadaannya untuk kemajuan Indonesia. Menurutnya, sejarah Indonesia tak lepas dari peran para santri dan juga ulama.

Baca juga :
Wakil Bupati Lebak : Santri Harus Mengisi Semua Lini Kehidupan

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menuturkan, HSN merupakan penghargaan bagi santri dan ulama yang ada di indonesia.

Menurutnya, peringatan HSN tahun ini terasa spesial, pasalnya baru dilaksankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Terlebih, kata Iti, wakil presiden berasal dari kalangan ulama yang notabene berasal dari Banten.

“Mari kita pupuk persatuan dan kesatuan bangsa melalui kesadaran bersama, dan hilangkan pro dan kontra. Mari kita jaga NKRI ini dengan kesadaran berbangsa, bernegara dan beragama secara bersama-sama,” tukasnya. (Deni).