Pemkab Lebak Gunakan Bangunan Klinik Husada Sebagai Tempat Karantina OTG Covid-19

Klinik Husada, Rangkasbitung

 

KABUPATEN LEBAK, ORBITBANTEN.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak akhirnya telah mendapatkan tempat khusus untuk dipakai sebagai tempat karantina Orang Tampa Gejala (OTG) Covid-19 di Kabupaten Lebak. Tempat merupakan sebuah bangunan yang berada di belakang Klinik Husada, Jalan Sunan Kalijaga, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak Triatno Supiono mengatakan, pihaknya saat ini tengah menyiapkan beragam fasilitas pendukung guna mendukung pelayanan pasien OTG Covid-19. Pihaknya menargetkan, tempat khusus karantina bagi OTG Covid-19 tersebut akan dapat siap ditempat pada pertengahan bulan Oktober 2020 ini.

 

“Saat ini kita sedang menyempurnakan fasilitas pendukung, kita targetkan Minggu ini dapat mulai dilakukan pelayanan bagi OTG Covid,” kata Kadinkes Lebak kepada awak media, Senin (12/10/2020).

Ia mengatakan nantinya, pada klinik tersebut dapat menampung sekitar 40 OTG. OTG yang dirawat di klinik tersebut merupakan OTG yang dipioritaskan dengan kiteria tertentu diantaranya OTG yang sebelumnya menjalani masa isolasi mandiri, namun dengan tempat yang kurang memadai, seperti dalam 1 rumah terdapat beberapa OTG. Mereka (OTG) nantinya akan menjalani masa isolasi hingga dinyatakan sembuh dari virus yang berasal dari negeri tirai bambu tersebut.

“Para OTG nantinya akan mendapatkan penanganan kesehatan oleh para tenaga kesehatan , dan juga akan menjalani swab test secara rutin hingga dinyatakan sembuh. Mereka tentunya alan mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal dari 20 tenaga kesehatan yang akan berjaga secara bergantian,” kata Pion sapaan akrab Kadinkes Lebak.

Dirinya berharap dengan tersedianya tempat isolasi khsusus untuk OTG ini dapat menekan angka penyebaran covid-19 di Kabupaten Lebak.

“Kita harap ini akan menekan angka penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Lebak. Kami (Pemkab) Lebak tidak akan bosa bosan untuk mengajak masyakat untuk meneraplan pola hidup sehat serta 3 M yakni mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker,” pungkasnya.

 

(/Red)