Pemdes Tanjungsari Siap Hibahkan Lahan Untuk Pembangunan SMK

H. Muhamad Yusup. SH, Kades Tanjungsari, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto/Ali).

MAJA,- Pemerintahan Desa (Pemdes) Tanjungsari siap menghibahkan tanah untuk pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Maja yang berlokasi di Kampung Tanjung Hilir, Desa Tanjungsari, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten.

“Jika pemerintah setuju, kami berikan lokasi sesuai kebutuhan. Namun lokasinya harus di Desa Tanjungsari,” kata Muhamad Yusup saat ditemui Orbit Banten diruang kerjanya, Rabu (1/8/2018).

Kenapa, karena Desa desa Tanjungsari termasuk desa yang tertinggal. Dan sekaligus desa penunjang tiga desa yakni, Desa Sanghiang, Cilangkap,dan perbatasan dengan Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Dia menjelaskan, alasan lokasi pembangunan SMK di Desa Tanjungsari, karena saat ini banyak siwa lulusan SMP tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan, selain faktor ekonomi, juga minimnya sarana angkutan umum yang menyebabkan tingginya biaya transportasi.

“Dengan adanya SMK di Desa Tanjungsari akan menjadi motivasi bagi para lulusan SMP untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” katanya.

Sementara itu, Jujun Junaedi salah seorang tokoh masyarakat desa setempat menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi niatan Pemdes Tanjungsari yang bersedia menghibahkan tanah untuk pembangunan SMK.

“Dengan adanya SMK disini selain dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), juga dapat membawa kesejahteraan masyarakat sekitar. Ada multiplier effect, membangun sekolah sekaligus mengentaskan kemiskinan,” tukasnya. (Ali).