Pemdes Harus Proaktif Putus Rantai Penyebaran Covid-19 di Lebak

LEBAK, – Komando Distrik Militer (Kodim) 0603 Lebak meminta seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) yang berada di Kabupaten Lebak untuk turut aktif dalam menekan wabah Covid-19 atau Corona di Kabupaten Lebak.

Hal tersebut disampaikan Kasdim 0603 Lebak, Mayor Inf Moh Jaini Komunikasi Sosial (Komsos) dengan pemerintahan ditingkat Desa dalam rangka membentuk sinergitas membangun bangsa yang digelar di aula Makodim Lebak, Kamis (17/6/2020).

“Kegiatan Komsos saat ini kita lakukan dengan para perangkat desa, agar tetap melakukan penerapan protocol kesehatan disetiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Jadi dalam pencegahan penyebaran Covid-19, jangan pernah meninggalkan penerapan protocol Kesehatan,” kata Moh Jaini kepada wartawan usai kegiatan Komsos di Aula Makodim 0603 Lebak, Kamis (18/6/2020).

Menurutnya, pada masa transisi new normal, pihaknya terus menekankan kepada masyarakat agar pada setiap kegiatan yang mengumpulkan orang banyak harus diterapkan protocol Kesehatan.

“Kita tidak bosan-bosannya menekankan kepada masyarakat, agar disetiap acara apa saja yang mengumpulkan orang banyak agar tetap menerapkan protocol Kesehatan seperti mencuci tangan , cek suhu tubuh, memakai masker dan melakukan physical distancing. Itu selalu kita tekankan kepada masyarakat secara berulang-ulang dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19,” terangnya.

Dalam pelaksanaan dilapangan, lanjut dia, TNI telah melakukannya melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang ada diwilayahnya masing-masing.

“Sudah dilaksanakan oleh Babinsa, seperti pengawalan pembagian bantuan sosial. Babinsa tidak henti-hentinya menerapkan protokol kesehatan pada setiap acara kumpul-kumpul seperti didesa dan kecamatan. Tujuannya agar tidak ada lagi penambahan kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lebak,” jelasnya.

Ditambahkannya, bentuk sinergitas yang dilakukan oleh TNI dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, pihaknya mengirim sejumlah personel yang ditugaskan diwilayah perbatasan.

“Diwilayah Lebak ini sangat intensif sekali, seperti diwilayah perbatasan kita menugaskan personel sebanyak 10 orang. Sebentar lagi new normal akan diterapkan, sehingga pendisiplinan masyarakat harus mulai dilakukan mulai sekarang. Jadi dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19, kita dengan pemerintah daerah sudah sinergi,” ungkapnya.

Prades Pasir Tangkil, Kecamatan Warunggunung, Yasin mengatakan, dalam upaya mendisiplinkan masyarakat pada masa pendemi Covid-19, pihaknya telah bekerjasama dengan Babinsa. Sehingga, pada setiap kegiatan yang mengundang kerumunan masyarakat dilakukan penerapan protocol Kesehatan.

“Dalam menerapkan protocol Kesehatan dan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, keberadaan Babinsa yang ada diwilayah kami sangat membantu. Apalagi ketika ada pembagian bantuan social, Babinsa selalu hadir pada setiap kegiatan yang mengundang kerumunan massa. Alhamdulillah diwilayah kami sekarang mulai disiplin, setelah kegiatan Komsos ini nanti akan kami implementasikan dimasyarakat,” katanya. (*/red).