Pawai Obor dan Pesta Kembang Api Meriahkan Malam Takbiran di Desa Binong

Warga tampak antusias mengikuti pawai obor sambil berkeliling kampung, Kamis (15/6) malam, (Foto/Deni).

MAJA, – Umat islam bersuka cita menyambut datangnya hari raya idul fitri 1 Syawal 1439 Hijriyah. Malam takbiran selain disambut dengan kumandang takbir, tahmid, dan tahlil diberbagai masjid dan mushola, juga dimeriahkan dengan tabuhan beduk khas lebaran dengan berkeliling dari kampung ke kampung sembari pawai obor.

Pantauan Orbit Banten dilokasi, ratusan warga dari Kampung Panyandungan, Desa Binong, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa turut berjalan kaki berkeliling kampung dengan membawa obor dan mengumandangkan takbir, Kamis (15/6) malam sekira pukul 20.00 WIB.

Peserta pawai sedang menabuh bedug sambil berkeliling kampung. (Foto/Deni).

Kemeriahan malam takbiran tidak hanya diisi dengan pawai obor saja, tapi juga dimeriahkan dengan pesta kembang api yang saling berdentuman dari kampung satu dengan kampung lainya bak suara letusan meriam dalam perang.

Ketua panitia H. Udi mengatakan, warga sangat antusias setelah mendapat kabar kalau malam hari raya idul fitri akan ada pawai obor berkeliling kampung.

Salah seorang panitia malam takbiran sedang menyulut kembang api dihalaman masjid Al Ikhlas Kampung Panyandungan, Desa Binong menyambut kedatangan peserta pawai obor. (Foto/Deni).

“Warga begitu antusias mengikuti kegiatan ini (pawai obor,-red). Tua muda semua turun kejalan ikut memeriahkan malam takbiran,” katanya kepada Orbit Banten, Kamis (15/6).

Lutfi, salah seorang warga setempat mengatakan, kegiatan ini sangat positif dalam menyambut hari raya idul fitri sekaligus syiar islam.

“Semoga kegiatan takbir keliling dan pawai obor ini menjadi tradisi bagi warga di Kampung Panyandungan,” kata Lutfi.

Percikan kembang api menghiasi langit pada malam takbiran di Kampung Panyandungan, Desa Binong. (Foto/Deni).

Senada diungkapkan Lutfi, salah seorang warga lainnya Wati mengaku sangat senang bisa menyaksikan kegiatan pawai obor ini. Pasalnya, kegiatan seperti ini hanya dilakukan satu kali dalam setahun.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi tradisi dan selalu dilaksankan setiap malam takbiran,” harapnya. (Deni).