Pasca Banjir Bandang, PHU Kemenag Lebak Siap Terima Laporan Berkas Jemaah Haji Yang Hilang

LEBAK – Pasca banjir bandang yang menerjang 6 Kecamatan di Kabupaten Lebak, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) siap menerima laporan berkas calon jemaah haji yang hilang akibat banjir.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh H. Humaedi Hakim saat meninjau lokasi banjir bandang di Kampung Lebak Kopo, Desa Calungbungur, Kecamatan Sajira, Minggu (5/1/2020).

“Kami selaku petugas PHU siap menerima dan membantu masyarakat yang melaporkan berkas kelengkapan haji yang hilang akibat banjir bandang,” ucap Kasi PHU Kemenag Lebak H. Humaedi Hakim saat meninjau dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang terkena banjir bandang di Kp. Lebak Kopo, Desa Calungbungur, Kecamatan Sajira, Minggu (5/1/2020).

Adapun untuk laporan tersebut, lanjutnya, masyarakat diwajibkan membawa surat kehilangan dari desa setempat dan membawanya ke kantor KUA setempat ataupun langsung ke kantor Kemenag Lebak melalui pelayanan penyelanggaraan haji dan umroh.

“Karena ini bencana atau musibah, saya sampaikan kepada masyarakat hanya membawa laporan kehilangan saja yang dikeluarkan dari desa setempat. Selanjutnya masyarakat bisa membawa laporan tersebut ke KUA setempat atau ke kantor Kemenag langsung,” ujarnya.

Humaedi menambahkan, dari 6 Kecamatan yang diterjang banjir kurang lebih ada150 calon jemaah haji. Oleh sebab itu, berkas jemaah yang hilang agar segera mengurusnya. Sehingga setibanya pada saat keberangkatan berkasnya sudah lengkap dan tidak ada yang kurang. (Met).