Menteri PPPA Dirikan Pos Ramah Perempuan dan Anak di Pengungsian

Menteri PPPA, Bintang Puspa Yoga menyerahkan bantuan kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya untuk warga yang tinggal di pengungsian. (Foto/Dok).

LEBAK,- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspa Yoga, mendirikan pos ramah perempuan dan anak di lokasi pengungisan. Tujuanya, untuk memenuhi hak-hak perempuan dan anak pasca banjir bandang yang meluluh lantakan tempat tinggal mereka.

“Dengan kehadiran pos ramah perempuan dan anak ini mudah-mudahan memberi manfaat bagi kelompok renta, ibu hamil, ibu menyusui, disabilitas dan anak-anak, sehingga kedepan meskipun ditempat pengungsian pemenuhan hak-haknya bisa tetap terpenuhi,” kata Bintang Puspa Yoga saat meninjau lokasi pengungisan di komolek Dodiklatpur, Senin (13/01/2020).

Pada kesempatan tersebut, Bintang juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Lebak dalam penanganan tanggap darurat bencana banjir dan tanah longsor. Selain itu, ia juga memotivasi para korban agar tetap tabah dan kuat menghadapi musibah yang telah terjadi.

“Semoga kehadiran pos ini dapat memberikan manfaat bagi perempuan dan anak di Kabupaten Lebak,” harapnya.

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyambut hangat kunjungan Menteri PPPA beserta jajaran yang telah peduli memberikan bantuan kepada korban bencana banjir bandang yang menimpa 6 kecamatan di Kabupaten Lebak.

Pemkab Lebak, kata Iti, akan memberikan pelatihan keahlian untuk masyarakat yang berada di pengungsian. Sehingga mereka tetap bisa beraktivitas sesuai dengan minat dan keahliannya.

“Kita akan minta kepada dinas terkait termasuk kementrian untuk memberikan pelatihan kepada para pengungsi. Apalagi disini banyak pakaian yang sudah tidak bisa dipakai, dan itu bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan seperti kesed, perca dan bentuk-bentuk lainya,” ungkanya. (Deni).