Menjadi Sentra Kerbau Terbaik Se-Indonesia, Lebak Siap Jadi Lumbung Ternak

LEBAK – Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak melalui Dinas Peternakan Lebak menggelar kontes ternak ke III yang digelar selama dua hari, dari tanggal 13-14 September 2019 yang bertempat di Lapangan Sepak Bola Mutiara, Desa Cilangkap. Kecamatan Kalanganyar, Lebak.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya yang hadir bersama Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi pada puncak acara Kontes Ternak Ke III sekaligus pengumuman juara pada kontes ternak ini mengatakan, kegiatan kontes ternak ini merupakan puncak dari penilaian kontes ternak yang sebelumnya telah dilakukan penilaian berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang berkaitan dengan kualitas bibit ternak yang baik.

“Melalui kontes ternak ini, Lebak siap menjadi lumbung ternak untuk mendukung destinasi pariwisata, dimana masyarakat peternak di Kabupaten Lebak siap menghasilkan bibit ternak yang terbaik untuk keperluan budidaya ternak guna meningkatkan produktivitas untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan masyarakat,” ungkap Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya, Sabtu 14/9/2019).

Iti juga menjelaskan, kontes ternak ini hadir untuk mendukung dan mendorong serta memberikan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada insan peternakan dalam menghasilkan kualitas bibit unggul yang baik serta bertujuan menumbuhkan dan menstimulasi peternak dalam menerapkan pemurnian dan prinsip-prinsip pembibitan serta mendorong, membentuk sentra-sentra bibit ternak secara mandiri, khususnya di Kabupaten Lebak.

“Kami berharap para peternak mampu mandiri, cerdas, terampil dan berdaulat sebagai salah satu upaya mendukung Kabupaten Lebak menjadi destinasi unggulan nasional berbasis potensi lokal melalui pengembangan sektor peternakan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M. Tauchid yang juga turut hadir dalam kontes tersebut sangat mengapresiasi, dengan kegiatan kontes ternak yang digelar Pemerintah Daerah Lebak, dimana menurut Agus, Lebak sudah melangkah lebih jauh dalam pengembangan sentra ternak khususnya ternak Kerbau.

“Dari sepuluh kabupaten terbaik sentra kerbau se- Indonesia, Kabupaten Lebak masuk sebagai salah satunya, sebagai sentra kerbau terbaik di Indonesia,” terang Agus.

Untuk diketahui Kontes Ternak Ke III Tahun 2019 ini diikuti 48 peternak dari dalam dan luar daerah Lebak dengan total ternak yang dikonteskan. Kategori Kerbau Banten 20 ekor, kategori ternak domba Garut 21 ekor, kategori ternak Kambing PE 18 ekor dan kategori ternak Kambing lokal dan ternak Domba lokal sebanyak 17 ekor. Setelah kontes Kerbau akan dilanjutkan dengan kegiatan Karnaval Ternak Kerbau yang akan di laksanakan pada tanggal 15 September 2019 bertempat di Alun-Alun Kota Rangkasbitung. (Omet).