Mata Air Citaman, Situs Peninggalan Prasejarah yang Indah

JERNIH : Kolam renang Citaman memiliki sumber mata air yang jernih dan alami, (Foto/Istimewa).

LEBAK – Wisata mata air Citaman merupakan salah satu situs purbakala yang berumur lebih dari 2.500 tahun. Kolam mata air ini sudah ada sejak zaman sebelum masehi, Tetapi kualitas air di kolam ini masih terjaga kemurniannya sampai saat ini.(18/12)

Mata air Citaman bertempat di Desa Sukasari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten. Mata air ini terletak di Kaki Gunung Pulosari.

Mata air Citaman keluar dari sela-sela batu yang ada ditengah kolam, hal inilah yang menarik perhatian pengunjung untuk berenang disini. Suasana alamnya yang asri menjadi salah satu keunggulan dari wisata mata air Citaman, letaknya yang jauh dari pemukiman warga dan dikelilingi oleh pohon sagu (kirai, bahasa setempat) membuat suasana di tempat ini semakin alami. 

Baca juga :
Peringati Satu Tahun Penetapan Hutan Adat, Pemda Lebak Gelar Festival Hutan Adat
Curug Dengdeng, Air Terjun Alami di Lebak Selatan

Mata air Citaman dengan kesejukan dan kejernihan airnya sering kali dijadikan pilihan oleh wisatawan dari luar kota untuk berlibur, Hampir setiap akhir pekan situs ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kalangan.

“Saya awalnya tau dari internet, saya penasaran pengen tau realitanya disini, ternyata benar benar jernih air nya” ujar Imam salah satu pengunjung asal serang. (Alvin).