Marawis Rutan Rangkasbitung Tampil di Kantor Gubernur Banten

Marawis warga binaan pemasyarakatan Rutan klas IIB Rangkasbitung saat tampil di kantor Gubernur Banten, Senin (22/01) kemarin, (foto/dok.Rutan).

RANGKASBITUNG – Tim marawis Qotrunnada Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Rangkasbitung mendapat kehormatan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten dan Pemerintah Provinsi Banten untuk mengisi kegiatan Pembekalan CPNS di Pendopo Gubernur Banten.

Kepala Rutan Rangkasbitung yang sedang menjalani tugas di Wina, Austria, Aliandra Harahap membenarkan bahwa Warga Binaanya tampil di Pendopo Gubernur Banten pada Senin (22/01) lalu, atas permintaan langsung Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Ajub Suratman.

“Tempo hari kami dapat perintah dan kami menyatakan siap, karena Kakanwil mengatakan marawis kita bagus untuk ditampilkan dan diperkenalkan baik kepada Pemerintah Provinsi Banten maupun kepada peserta orientasi CPNS, bahwa marawis adalah salah satu bukti hasil pembinaan, membuat mereka warga binaan permasyarakatan (WBP) dari yang awalnya tidak bisa menjadi terampil berkreasi seni marawis ini,” ujar Aliandra saat dikonfirmasi melalui aplikasi whatsapp. Selasa (23/01).

Foto bersama di depan kantor Gubernur Banten

Selaras dengan Karutan, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Dede Ukmartalaksana mengatakan bahwa undangan dari Pantia Orientasi CPNS Kanwil Kemenkumham Banten adalah kehormatan bagi Rutan Rangkasbitung.

“Alhamdulillah, kami bisa tampil dan acaranya berjalan lancar kemarin, ini adalah salah satu bentuk pengakuan public terhadap hasil pembinaan kami, kami menunjukan bahwa dirutan/ lapas mereka banyak diaktifkan dengan kegiatan positif seperti marawis ini, tidak seperti berita yang berkembang diluaran sana. Adapun kami berharap nantinya dari Pemerintah Provinsi Banten turut juga simpatik dan memberikan dukungan kepada lapas/Rutan di wilayah banten terhadap pembinaan para WBP,” imbuhnya.

Terpisah, salah satu WBP Rutan Rangkasbitung sebut saja ASL, mengatakan dirinya sangat senang bisa mengikuti kegiatan marawis, apalagi sampai hadir ditengah orang-orang hebat dan ratusan calon pegawai Kemenkumham Banten.

“Bagi kami ini luar biasa, apresiasilah kepada kami semuanya, khususnya petugas Rutan Rangkasbitung, karena tanpa kenal lelah, dan selalu semangat dalam membina kami sehingga kami sedikitnya memiliki keterampilan ini, semoga ini akan menjadi motivasi kami agar selalu menjadi lebih baik lagi,” paparnya. (Alvin/Deni).