Lestarikan Seni Islam, Kodim 0603 Lebak Gelar Lomba Marawis dan Kaligrafi

Kodim 0603 Lebak Gelar Komsos Kreatif

 

KABUPATEN LEBAK, ORBITBANTEN. CO. ID – Komando Distrik Militer (Kodim) 0603 Lebak menggelar lomba marawis dan kaligrafi yang merupakan salah satu kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif yang digelar di Aula Makodim Lebak, Rangkasbitug, Rabu (23/9/2020).

Dandim 0603 Lebak Letkol Inf Nur Wahyudi menjelaskan, kegiatan tersebut digelar dalam upaya Kodim Lebak dalam mengembangkan potensi lokal dengan mengasah keterampilan dan kreasi para pelaku ekonomi kreatif khususnya dibidang seni rupa. Selain itu, kegiatan Komsos Kreatif juga menjadi ajang silaturahmi antar pondok pesantren, untuk mengembangkan dan membangkitkan kembali seni budaya Islam yang salah satunya yakni marawis dan kaligrafi ini.

“Tujuan kami adalah untuk mencari anggota dan masyarakat yang ahli dalam kaligrafi dan marawis. Kegiatan ini juga untuk melestarikan budaya lokal tersebut yany saat ini sudah hampir punah, ” kata Dandim kepada awak media.

Dikatakan Dandim, lomba marawis ini diikuti oleh sedikitnya 7 tim yang setiap timnya terdiri 10 santri yang berasal dari pondok pesantren di Kabupaten Lebak. Katanya, para bibit unggul yang terjaring dalam kegiatan Komsos kreatif ini nantinya akan pihaknya terus bina hingga ke lomba ditingkat selanjutnya.

“Ini kita yang pertama cari di Kodim, selanjutnya kita akan bina dan ikutsertakan di lomba-lomba tingkat selanjutnya, bahkan jika memang memiliki potensi akan kami ikutkan ke tingkat nasional, ” katanya.

Dirinya berharap, melalui lomba ini dapat terbina para bibit unggul yang memliliki potensi dalam melestarikan budaya seni Islam yang saat ini sudah hampir punah, tergerus perkembangan zaman.

“Saya lihat di Lebak ini ada potensi para santrinya yang ahli dalam marawis dan kaligrafi yang mungkin tidak dimiliki satuan lain. Untuk itu, para adik-adik santri ini akan kami bina, ekspos hingga ke tingkat nasional, sehingga seni Islam ini dapat terus dipertahankan, ” pungkasnya.

Pantauan Kodim Lebak gelar Komsis, lomba yang diikuti sedikitnya 70 santri terus tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan dalam upaya pencegahan virus Covid-19. Sebelum memasuki Aula Makodim Lebak, dicek suhu terlebih dahulu, dan para santri diwajibkan untuk memakai masker.

(/RED)