Lestarikan Makanan Lokal, Pemkab Serang Gelar Lomba Cipta Menu

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memberikan suapan nasi tumpeng kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah pada gelaran lomba cipta menu di Pendopo Pemkab Serang. (Foto/Dok).

SERANG,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terus berupaya melestarikan dan memperkaya makanan khas lokal yang ada di daerah Kabupaten Serang. Hal itu, dilakukan setiap tahunnya dengan menggelar lomba cipta menu (LCM) tingkat Kabupaten Serang.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan mampu membuka wawasan masyarakat untuk lebih kreatif dalam mengolah makanan yang beragam dengan memanfaatkan bahan baku pangan lokal yang melimpah di Kabupaten Serang.

Baca juga :
Atasi Pengangguran, Bupati Serang Imbau Industri Adakan Pelatihan

Ia menilai, makanan khas Kabupaten Serang masih kalah bersaing dengan makanan modern yang siap saji. Sehingga, perlu adanya kreativitas makanan lokal yang di modifikasi menjadi resep makanan khas daerah.

“Semoga bisa mengangkat kembali citra makanan khas daerah yang sudah jarang diminati warga,” ungkap Bupati Serang saat memberikan sambutan di Halaman Pendopo, Senin (08/10/2018).

Tatu juga berharap, masyarakat bisa mengurangi konsumsi beras dan terigu yang berlebihan. Hal ini sebagai upaya untuk mewujudkan target mengurangi konsumsi beras 1,5 persen per tahun dan terigu 1 persen per tahun.

“Mendorong penggunaan pangan lokal lain, seperti ganyong, sukun, pisang, ubi jalar, singkong dan sejenisnya,” tuturnya.

Baca juga :
Bupati Serang Lebaran Bareng Ribuan Anak Yatim

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP), Budi Mulyana menuturkan, lomba cipta menu B2SA meningkatkan pemahaman pentingnya konsumsi pangan yang sehat.
“Perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran terhadap pangan yang B2SA untuk meningkatkan kualitas hidup,” tuturnya.

Budi menambahkan, kegiatan tersebut melibatkan binaan PKK di 29 Kecamatan di Kabupaten Serang yang memiliki inovasi dalam membuat aneka ragam olahan yang bersumber daya bahan pangan lokal.

“Selain itu, kami juga mengundang pengolah makanan yang menggunakan sumber daya lokal sebagai bahan olahannya ditampilkan melalui sampel makanan,” imbuhnya.

Diketahui, Pemkab Serang melakukan sosialisasi secara kontinyu melalui lomba cipta menu yang setiap tahunnya dilakukan di tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional yang bertujuan memanfaatkan sumber daya pangan lokal untuk aneka ragam konsumsi pangan. (Mat/Deni).