Lebak Selatan di Guncang Gempa Beberapa Kali, Pemkab Gelar Apel Kesiapsigaan Bencana

KABUPATEN LEBAK, ORBITBANTEN.CO.ID – Pasca guncangan gempa bumi yang telah menguncang wilayah Lebak Selatan, Kabupaten Lebak pada beberapa hari yang lalu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak menggelar apel kesiapsiagaan bencan, di Jalan Alun-alun Selatan, Jum’at (23/10/2020) kemarin.

Dalam apel yang dihadiri oleh unsur Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Pemkab Lebak ini, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, wilayah Kabupaten Lebak akan mulai memasuki musim hujan pada awal sampai akhir oktober 2020, yang dimana perkiraan dari BMKG musim penghujan kali ini diprediksi akan meningkat hingga 40% dari rata-rata normal sebagai akibat dari fenomena alam la nina.

Sebagai daerah dengan zona resiko tinggi untuk kawasan banjir dan tanah longsor, Pemkab Lebak terus melakukan ikhtiar dalam melindungi dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Lebak, salah satunya dengan melakukan Apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana untuk melihat kesiapan personil dan kesiapan alat penunjang penanggulangan bencana.

“Meski pada saat ini sering terjadi gempa diwilayah Lebak Selatan, namun kita berdo’a kepada Allah SWT agar tidak terjadi bencana alam di Kabupaten Lebak, dan mari kita jaga lingkungan sekitar agar tidak terjadi banjir pada musim penghujan tiba,” ucap Bupati.

Ia mengatakan, dibutuhkan sinergitas dari seluruh elemen dalam upaya pencegahan bencana, dan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai, selokan atau drainase.

Bupati juga mengintruksikan kepada para camat dan Kepala Desa agar mengaktifkan sistem siaga bencana di wilayah masing-masing melalui piket kesiapsiagaan bencana.

Sementara itu, Dandim 0603 Lebak Dandim 0603 Lebak Letkol Inf Nur Wahyudi menyatakan Kodim 0603 Lebak akan siap bersinegri dengan Pemkab Lebak dalam hal penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Lebak.

“Secara personil kami siap membantu dalam penanggulangan bencana,” jelas Dandim.

Bahkan, katanya, Kodim sudah membentuk tim penanggulangan bencana, diantaranya tim sosialisasi, tim penyebarluasan informasi, dan tim lainnya.

“Kita harus selalu siap, terus bersinegri, guna memaksimalkan penanggulangan bencana di Lebak ini. Mari kita manfaatkan waktu yang ada ini untuk mempersiapkan segala hal untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam,” pungkasnya.

(/*Red)