KPU Lebak Musnahkan 16.275 Surat Suara Rusak dan Berlebih

Ketua KPU Lebak Ni'matullah sedang memusnahkan surat suara rusak dan berlebih di kantor KPU Lebak. (Foto/Deni).

LEBAK,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak memusnahkan 16.275 surat suara yang rusak dan berlebih pada Pemilu 2019, Selasa (16/4/2019).

Pemusnahan surat suara rusak dan berlebih tersebut dilakukan di kantor KPU Lebak dan disaksikan langsung oleh Ketua Bawaslu Lebak, Kajari Lebak, Pores dan Dandim Lebak, Bupati Lebak yang diwakili Asda I Pemda Lebak, serta perwakilan partai politik.

“Surat suara yang dimusnahkan ini terdiri dari surat suara yang rusak dan berlebih, totalnya 16.275 surat suara,” kata Ketua KPU Lebak Ni’matullah kepada wartawan di gedung KPU Lebak, Selasa (16/4/2019).

Baca juga :
Bawaslu Lebak Petakan 2.517 TPS Rawan Pemilu 2019

Ni’matullah menjelaskan, kerusakan surat suara terjadi karena beberapa hal, di antaranya yakni kondisi surat suara yang robek dan potongan yang tidak simetris.

Kelebihan surat suara terjadi karena KPU hanya membutuhkan surat suara sejumlah daftar pemilih tetap (DPT), ditambah surat suara cadangan sebanyak 2 persen dari jumlah DPT.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Lebak Odong Hudori mengatakan, surat suara yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan oleh KPU Lebak. Surat suara yang rusak dan berlebih itu kemudian dikumpulkan dan dimusnahkan.

“Pemusnahan ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan surat suara oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Odong Hudori. (Deni).