JB Tantang Pengusaha Bangun Ruang Kelas Baru di Lebak

JB berbincang dengan Ketua KAHMI Lebak Unro Al-Juhri (kanan) di pendopo Lebak.(Foto/Deni Sopandi)

LEBAK – Mantan Bupati Lebak 2003 – 2013 Mulyadi Jayabaya (JB) menantang PT Cemindo Gemilang dan investor membangun ruang kelas baru (RKB) untuk mendukung program Lebak cerdas 2019. Saat ini, Lebak kekurangan ratusan RKB dan membutuhkan anggaran besar untuk rehabilitasi gedung sekolah yang rusak.

Baca juga:
HUT ke-189 Lebak, HMI dan Kumala Gelar Aksi Unjuk Rasa
Hari Pertama, Ribuan Masyarakat Kunjungi Pekan Raya Lebak
Ada Pekerjaan Double Track, Dua Perlintasan Kereta Api Ditutup

Pernyataan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Banten tersebut disampaikan pada acara riung mumpulung hari ulang tahun (HUT) ke-189 Kabupaten Lebak. Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Iti Octavia Jayabaya, Wakil Bupati Ade Sumardi, Ketua DPRD Lebak, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Lebak.

“Saya tantang pengusaha yang ada di Lebak untuk membangun 100 RKB. Saya pun siap membantu membangun 50 RKB,” kata JB saat memberikan sambutan di pendopo Pemkab Lebak, Sabtu (2/12).

Struktur APBD 2018 sebesar Rp2,3 triliun tidak akan cukup untuk menyelesaikan pembangunan RKB dan rehab gedung sekolah yang rusak. Belum lagi, pemerintah ingin membangun jembatan, jalan, sarana kesehatan, dan membangun fasilitas keagamaan yang baik dan berkualitas. Dengan kondisi anggaran yang terbatas, tidak mungkin pembangunan di Lebak dapat berjalan optimal.

“Karena itu, dibutuhkan kontribusi dari pengusaha yang berinvestasi di Lebak, sehingga daerah ini bisa tinggal landas dari ketertinggalan dan kemiskinan,” paparnya.

JB menambahkan, alokasi dana untuk pembangunan RKB pada APBD 2018 hanya sebesar Rp1,4 miliar. Anggaran tersebut hanya cukup untuk membangun beberapa RKB saja. Padahal, kebutuhan ruang kelas baru masih cukup banyak.

“Pemerintah berkewajiban mencerdaskan generasi muda di Lebak. Karena itu, Bupati mencetuskan program unggulan Lebak Cerdas 2019. Harapannya, program tersebut bisa direalisasikan dan anak-anak muda Lebak mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, maupun internasional,” tegasnya.(Alvin)