Jalan TMMD Buka Akses Desa Terisolir

Anggota TNI sedang mengangkut bahan pembangunan jalan. (Foto:Dok).

LEBAK,- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) hanya tinggal beberapa tahapan lagi, program pembangunan jalan TMMD yang menghubungkan Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunung Kencana dengan Desa Parakanlima, Kecamatan Cirinten pun sudah hampir siap digunakan.

Pembangunan jalan sepanjang 5,4 Kilometer tersebut dikerjakan oleh Personel gabungan TNI yang terdiri dari Kodim 0603/Lbk, Balakrem 064/MY, Yonif 320/BP dan Lanal banten di bantu Polri beserta masyarakat diturunkan bahu membahu mengerjakan pembangun fisik maupun non fisik.

Pembangunan jalan dan infrastuktur yang akan membuka akses antara dua kecamatan tersebut disambut baik oleh masyarakat setempat, dan begitu antusias bahu membahu untuk mengerjakan pembangunan tersebut. Dalam waktu dekat sarana jalan tersebut akan dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar.

Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Syafa Susanto saat ditemui di lokasi kegiatan mengatakan pembangunan tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan ekonomi.

“Begitu banyak potensi di Desa Cimanyangray yang dapat dikembangkan tak terkecuali pada bidang kewirausahaan, dan ini adalah aset yang mampu menggerakan pembangunan dan peningkatan ekonomi desa, untuk itu dalam TMMD ini, tidak hanya kegiatan fisik seperti membangun jalan, tetapi juga ada kegiatan non fisik berupa penyuluhan atau sosialisasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Syafa’ Susanto menuturkan pada Hari ke-27 kegiatan TMMD yaitu melanjutkan pengerasan jalan dengan batu belah. Untuk sasaran tambahan rehab 3 unit RTLH, rehab Mushola dan Mesjid Nurul Huda dan pembuatan tugu TMMD

“Alhamdulilah semua berjalan lancar, berkat bantuan masyarakat, TNI, Polres, serta dari Pemerintah Daerah Lebak. Progres keseluruhan kegiatan TMMD Kodim 0603 Lebak sudah mencapai 99,5persen,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Komandan kompi TMMD Kapten Inf, D.A. Sudjana  mengatakan pengerjaan pembangunan sempat terkendala oleh cuaca.

“Pada pukul 09,00 WIB pekerjaan tinggal finishing diharapkan semua sudah selasai semuanya baik sasaran fisik maupun non fisik pada hari Rabu nanti, sehingga pada hari H penutupan semua sudah 100 persen selesai. Yang jadi kendala yaitu cuaca, sepekan ini daerah Cimanyangray hujan sehingga ada hambatan di pengiriman batuh belah untuk pengerasan jalan. Alhmadulilah kita bisa mengejar target, mudah-mudahan 2 hari kedepan ini cuaca mendukung sehingga semua bisa berjalan lancar,” imbuhnya.

Dari pantauan di lokasi, TMMD ke-101 Kodim 0603/Lebak. Sasaran kegiatan fisik pokok dan sasaran tambahan di H +28 Selasa 1 Mei 2018 antara lain kegiatan sasaran fisik pokok meliputi pekerjaan pembukaan badan jalan sepanjang 5,4 kilometer, dengan  lebar 8 meter sudah mencapai hasil 100 persen.pengerasan dengan pengepokan batu belah sudah mencapai 98,5  persen dan tugu TMMD juga  sudah hampir selesai. (Deni).