IWO Lebak Gelar Perdana Pelatihan Jurnalistik di SMAN 1 Rangkasbitung

LEBAK – Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Lebak menggelar pelatihan jurnalistik dengan tema ‘Literasi Membaca Untuk Membangun Potensi Pariwisata Daerah’. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula SMAN 1 Rangkasbitung, Kamis (15/8/2019).

Ketua IWO Lebak Asep Alibuni menjelaskan, road show pelatihan jurnalistik ini dibuka untuk umum, pelajar, mahasiswa ataupun yang lainnya.

“Dalam pelatihan ini, kita menjelaskan beberapa pentingnya media online di zaman modern ini. Sebab media online memiliki kelebihan dalam hal penyajian berita, lebih cepat dan lebih mudah diakses diera digital ini,” ujarnya dalam sambutan.

Dijelaskannya, IWO merupakan organisasi profesi wartawan dan media online sebagai dasar hukum UU Pers Nomor 40 tahun 1999. Yang memiliki kepengurusan pusat hingga daerah dan menjadi lokomotif anti hoax dan anti sara.

“Selain mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Lebak, kita juga memberikan sedikit pengetahuan bagaimana memfilter berita hoax ataupun yang mengandung sara,” jelasnya.

Ditambahkan Asep, dimomen HUT RI ini, pelatihan jurnalistik sangat tepat, lantaran pers sebagai pilar demokrasi ke-empat yang turut mencerdaskan kehidupan bangsa dan sebagai bentuk perjuangan dalam mengisi kemerdekaan serta sebagai bentuk syukur atas perjuangan para pahlawan.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Rangkasbitung Iva Havidania menyambut baik dengan adanya pelatihan jurnalistik tersebut. Ia mengaku, pelatihan jurnalistik ini akan memberikan pengetahuan terhadap para siswa-siswinya.

“Saya harap outputnya dapat memberikan wawasan lebih dalam kepada para siswanya agar dapat memfilter berita. Jadi mereka dapat mengetahui, mana berita faktual dan mana yang hoax,” ujarnya. (Omet).