Inspektorat Lebak Audit Penggunaan DD Tahun 2018

Tim audit dari Inspektorat Kabupaten Lebak saat menggelar rapat pemdahuluan audit operasional di aula kantor Kecamatan Maja. (Foto/Ali).

LEBAK,- Inspektorat Kabupaten Lebak melakukan Audit Operasional di lima desa yang ada di wilayah Kecamatan Maja. Kelima desa tersebut diantaranya, Desa Maja, Pasirkacapi, Curugbadak, Pasirkembang, dan Desa Padasuka. 

Wakil Penanggung Jawab Inspektorat Kabupaten Lebak, Danu Rustandi mengatakan, audit operasional tahun 2018 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, Audit Operasional selain dilakukan di kantor Kecamatan dan hanya di lima desa. Sementara tahun sebelumnya dilakukan di 14 desa yang ada di wilayah Kecamatan Maja. 

“Yang dilakukan dalam pemeriksaan atau audit operasional ini ada dua hal, pertama mengenai keuangan dan yang kedua tentang pengelolaan kekayaan aset baik di desa maupun di kecamatan,” kata Danu, usai membuka kegiatan Audit Oprasional di aula kantor Kecamatan Maja, Rabu (10/10/2018).

Baca juga:
Realisasi DD dan ADD Diperiksa Inspektorat

Ia menambahkan, audit ini akan dilaksanakan selama enam hari dan dibagi dalam beberapa tahap. Yakni tahap audit pendahuluan yang mencakup dokumentasi, serta audit rinci yang mencakup hasil pembangunan fisik pada anggaran tahun 2017.

“Audit operasional ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan apakah sudah sesuai dengan peraturan atau tidak terhadap pengelolaan pemerintahan maupun pengelolaan pembangunan desa,” katanya.

Baca juga :
Tenaga Pendidikan Dominasi Angka Perceraian PNS di Lebak

Sementara itu, Camat Maja, Abdul Rohim berharap, melalui pemeriksaan atau audit oprasional ini diharapkan dapat memotivasi penyelenggara pemerintahan, baik tingkat kecamatan maupun desa sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan anggaran.

“Mudah-mudahan ini bisa memotivasi, agar pengelolaan anggaran tidak keluar dari aturan perundang-undangan,” tukasnya. (Ali/Deni).